Sulsel  

Bupati Maros Lantik Pengurus PMI Kecamatan dan Kukuhkan Suhartina Bohari sebagai Pembina PMI di Kegiatan Jumbara

Maros—--(suaraharapan.id)

Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Kabupaten Maros digelar di Lapangan Manunggal Desa Pucak Kecamatan Tompobulu.

Kegiatan yang diikuti ratusan anggota PMR ini berlangsung selama empat hari mulai 21 September hingga 25 September 2022.

Dalam pembukaan Jumbara ini, hadir pula Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari, yang dikukuhkan sebagai Dewan Pembina PMI Kabupaten Maros. Ditandai dengan penyematan pin kehormatan dari Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Maros, Chaidir Syam, Rabu 21 September 2022.

Chaidir Syam, yang juga Bupati Maros, menuturkan, bergabungnya Suhartina Bohari, yang diketahui sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Maros, menjadi pembina PMI Maros menjadi bukti harmonisasi antar organisasi kemanusiaan dan kepemudaan.

“PMI dan Pramuka harus jalan bersama dalam pengabdian kepada masyarakat,” ucapnya.

Pada kegiatan ini juga dilakukan pelantikan pengurus PMI kecamatan se Maros.

Chaidir Syam mengaku mengapresiasi antusias para peserta Jumbara PMR ini.

Ia mengatakan, ini merupakan kegiatan rutin tiap tahunnya yang digelar oleh PMI Maros.

Dalam Jumbara ini total ada 19 kontingen yang ikut, terdiri 15 kontingen tingkat Wira (SMA) dan 4 kontingen Madya (SMP) dengan jumlah peserta ke 19 kontingen mencapai 720 orang.

Ia menjelaskan, akan ada berbagai kegiatan yang dilakukan dalam Jumbara kali ini, seperti lomba pertolongan pertama dan pasang bongkar tandu.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kembali pengetahuan peserta tentang kepalang merahan. Jadi selain berkemah, dalam kegiatan ini juga akan dilakukan perlombaan baik tingkat madya maupun wira untuk mengasah pengetahuan kepalangmerahan peserta,” jelasnya.

Selanjutnya, alumni Ilmu Pemerintahan Unhas ini berharap agar anak-anak ini dari kecil bisa dipupuk rasa kepedulian terhadap sesama.

“Sehingga lahirlah rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama. Nah kalau ini menjadi virus yang baik akan menularkan kebaikan-kebaikan yang lain,” pungkasnya.

Sementara, Sekretaris PMI Provinsi Sulsel, Rahmansyah mengatakan bahwa Jumbara tingkat kabupaten ini sebagai ajang untuk mempersiapkan anggota PMR untuk menghadapi Jumbara provinsi dan Jumbara nasional yang akan digelar dalam waktu dekat.

Dalam pembukaan Jumbara ini, para peserta berparade dan menunjukkan yel-yel kontingen masing-masing. Mereka juga menunjukkan aksi pemberian pertolongan pertama.(*/hrs)

banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published.