Pemilihan Ketua OSIS SMPN 42 Satap Pampangan Periode 2022/2023

Maros—(suaraharapan.id)

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMPN 42 Satap Pampangan Kecamatan Marusu Kabupaten Maros, menyelenggarakan Pemilihan Ketua dan Wakil ketua OSIS Tahun ajaran 2022/2023.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kamis, 06 Oktober 2022 lalu dibuka oleh Kepala Sekolah HASNAWI, S.Pd didampingi Waka.Kesiswaan H.RUSLI, S.Pd.M.Pd dan Ketua OSIS periode 2021/2022 MUH AIMAR.

Sebelum pemilihan, 2 Kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS berkompetisi dalam Pemilihan Ketua OSIS yaitu, MUH IRSAN, SAHRUL, YULIA RAHMA dan ANDINI FEBRIANTI melakukan orasi di depan Siswa dan guru-guru SMPN 42 Satap Pampangan.

Kegiatan pemilihan Ketua OSIS ini, diharapkan bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik.

Siswa menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar. Pemilihan Ketua OSIS dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan ketua OSIS.

Untuk kandidat nomor urut 01 YULIA RAHMA dan ANDINI FEBRIANTI. Memiliki Visi, Bekerja sama dengan ekskul di SMPN 42 Satap Pampangan membudayakan 4S.
Membangun singkronisasi dengan siswa dan guru.

Melaksanakan norma agama
Membangun SMPN 42 Satap Pampangan menjadi lebih baik dan keren
Serta memiliki Misi, Menumbuhkan jiwa kuat kewirausahaan para siswa meningkatkan prestasi siswa bidang mata pelajaran umum dengan ekstrakurikuler.
Setiap hari Jum’at wajib semua siswa membersihkan sampah jam 7:25/800.

Sedangkan untuk kandidat nomor 02, yakni MUH IRSAN dan SAHRUL, memiliki Visi, Tegas, Sigap dan Tanggap dalam penjelasan
Tegas,Tanggu,Tegar dan Terdidik
Memberikan contoh yang baik
memiliki Misi, Ingin memajukan sekolah
Menimbulkan rasa sosial yang tinggi
Akan memajukan, menjaga sekolah.

Adapun saat datang ke TPS para murid berbaris di depan panitia, kemudian menunggu dipanggil oleh petugas. Satu per satu murid dari kelas VII, VIII dan IX memasuki TPS.

Murid lalu mendapat surat suara dan langsung masuk ke bilik suara untuk mencoblos/mencontreng nama calon Ketua OSIS pilihannya.

Setelah itu, murid memasukkan surat suara ke dalam kotak suara dengan arahan petugas TPS. Selanjutnya, mereka mencelupkan jari ke tinta hitam sebagai tanda telah memberikan hak suara.

Pemungutan suara dilanjutkan dengan penghitungan suara oleh panitia/petugas TPS disaksikan oleh seluruh siswa. Ada yang berperan sebagai pembuka surat suara dengan melihat kondisi surat suara apakah sah atau tidak dan disahkan oleh saksi (beberapa siswa bertugas menjadi saksi).

Selain itu, ada juga yang berperan sebagai pencatat hasil suara.  Sehingga pada akhirnya diperoleh Ketua MUH IRSAN,Wakil Ketua SAHRUL, Sekretaris, dan Bendahara OSIS terpilih dengan suara terbanyak.

Kegiatan pemilihan ketua OSIS ini adalah salah satu sarana pembelajaran pendidikan ‘suara demokrasi’. Tentu menjadi harapan seluruh warga SMPN 42 Satap Pampangan pemilihan OSIS dapat berjalan dengan lancar dan sukses tanpa kendala berkat dukungan dari semua pihak dan seluruh warga sekolah. (*/sh)

banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *