News  

Pengakuan Istri SYL: Biaya Skincare Keturunan Jadi Misteri

Misteri Tabir Pengeluaran Perawatan Kulit Istri Mantan Wali Kota

Istri Syahrul Yasin Limpo Diperiksa Terkait Biaya Perawatan Kecantikan

Pada sidang lanjutan kasus gratifikasi dan pemerasan, istri mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Ayun Sri Harahap, bersaksi di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor) Jakarta, Senin (27/5/2024).

Perawatan Kecantikan dan Skincare

Dalam persidangan tersebut, Ketua Majelis Hakim Rianto Adam Pontoh menanyai Ayun mengenai biaya perawatan kecantikan dan skincare untuk dirinya, anaknya Indira Chunda Thita, dan cucunya Andi Tenri Bilang Radisyah.

Ayun mengaku memiliki dokter khusus kecantikan dari Kementerian Pertanian (Kementan). Dokter tersebut, seorang spesialis kulit, sering mengunjungi kediaman Ayun untuk memberikan perawatan.

Biaya Tidak Diketahui

Ketika hakim menanyakan sumber pembiayaan perawatan kecantikan dan skincare anak dan cucunya, Ayun mengaku tidak mengetahuinya. Dia menyatakan bahwa Thita dan Andi tinggal terpisah dan memiliki rumah sendiri.

Hakim meragukan jawaban Ayun dan mengulangi pertanyaannya. Namun, Ayun tetap menyatakan ketidaktahuannya.

“Apa masih cocok saya memakai skincare di usia sekian?” tanya Ayun kepada hakim.

Pola Pemerasan dan Gratifikasi

Kasus ini bermula dari dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi yang dilakukan SYL. Jaksa KPK mendakwanya dengan total Rp 44,5 miliar. Selain SYL, dua mantan anak buahnya, yakni mantan Sekjen Kementan Kasdi dan mantan Direktur Kementan M Hatta, juga didakwa dalam kasus terpisah.

Selain membayar gaji pembantu, para pejabat Kementan diduga harus patungan untuk memenuhi kebutuhan pribadi SYL, seperti sewa pesawat pribadi, biaya umrah, dan perjalanan ke luar negeri. Dana yang digunakan untuk memenuhi permintaan SYL tersebut berasal dari perjalanan dinas fiktif.

Leave a Reply