Bayang-bayang Absen: Lima Punggawa Garuda Terancam Hilang di Piala AFF 2024

Ketidakhadiran Mengintai: Skuad Garuda Terancam Kehilangan Bintang di Piala AFF 2024

Piala AFF 2024, Timnas Indonesia Masuk Grup B

Pada tanggal 21 Mei 2024, drawing untuk Piala AFF 2024 yang kini berganti nama menjadi ASEAN Cup telah dilakukan. Timnas Indonesia resmi masuk ke dalam Grup B, bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos.

Turnamen dua tahunan ini akan berlangsung dari 23 November hingga 21 Desember 2024. Pertandingan pertama Timnas Indonesia dijadwalkan menghadapi Myanmar.

Potensi Ketidakhadiran Pemain Abroad di Timnas Indonesia

Meski telah melakukan naturalisasi pada sejumlah pemain, Timnas Indonesia berpotensi tidak diperkuat beberapa pemain abroad mereka di Piala AFF 2024. Hal ini dikarenakan turnamen ini tidak masuk agenda resmi FIFA, sehingga klub-klub yang menaungi pemain abroad dapat menolak permintaan Timnas Indonesia.

5 Pemain Timnas yang Terancam Absen

Terdapat lima pemain Timnas Indonesia yang terancam tidak bisa tampil di Piala AFF 2024, yaitu:

1. Jay Idzes: Bek Venezia ini memiliki peran krusial bagi klub Serie B tersebut dan kemungkinan besar tidak akan mendapatkan izin untuk memperkuat Timnas Indonesia.

2. Elkan Baggott: Bek Ipswich Town ini sebelumnya juga tidak diizinkan memperkuat Timnas U-23 di Piala Asia U-23 2024.

3. Thom Haye: Gelandang SC Heerenveen ini belum diketahui akan bergabung dengan klub mana setelah kontraknya berakhir pada Juni 2024. Jika tetap bermain di luar negeri, ia berpotensi absen di Piala AFF 2024.

4. Ragnar Oratmangoen: Pemain sayap Fortuna Sittard ini merupakan pemain kunci bagi klubnya dan kemungkinan besar tidak akan diizinkan untuk memperkuat Timnas Indonesia.

5. Sandy Walsh: Bek KV Mechelen ini juga terancam absen di Piala AFF 2024 karena klubnya tidak wajib melepas pemain untuk turnamen yang tidak masuk agenda FIFA.

Absennya beberapa pemain abroad ini tentunya akan menjadi tantangan tersendiri bagi Timnas Indonesia di Piala AFF 2024. Pelatih Shin Tae-yong diharapkan dapat menemukan alternatif pemain yang mampu mengisi kekosongan tersebut dan membawa Tim Garuda meraih prestasi terbaik di turnamen ini.

Leave a Reply