“Spektrum Pita Sedang: Jalan Pintas Indonesia Menuju Revolusi 5G”

Terobosan Pita Sedang: Akselerator Revolusi 5G Indonesia

Ericsson Gelar Ericsson Imagine Live 2024 di Indonesia, Dorong Transformasi Digital dengan 5G

PT Ericsson Indonesia menyelenggarakan Ericsson Imagine Live 2024 di Jakarta, memamerkan solusi teknologi mutakhir dan kasus penggunaan 5G yang relevan bagi Indonesia. Acara ini menampilkan berbagai inovasi dan strategi transformatif yang telah diperkenalkan pada Ericsson Experience Area selama Mobile World Congress Barcelona tahun ini.

Kepala Ericsson Indonesia, Krishna Patil, menekankan peran penting infrastruktur 5G dalam mempercepat digitalisasi di Indonesia. “Infrastruktur digital yang kuat akan menjembatani kesenjangan digital, menciptakan lapangan kerja, mendorong perekonomian, dan mentransformasi Indonesia secara digital,” ujar Patil.

Ericsson, sebagai pelopor uji coba 5G di Indonesia, telah mendukung pelanggannya untuk meluncurkan 5G non-Standalone pada 2021. Patil menambahkan bahwa akses tepat waktu ke spektrum pita menengah yang terjangkau sangat penting untuk mempercepat penyebaran 5G dan memaksimalkan manfaat konektivitas bagi negara.

Menurut GSMA, 5G diperkirakan akan berkontribusi lebih dari 41 miliar dolar AS terhadap PDB Indonesia pada 2024-2030. Patil menyatakan bahwa 5G akan memberdayakan Indonesia untuk mengembangkan potensi Industri 4.0 dan mendukung visi Indonesia Digital 2045.

5G membuka peluang baru bagi operator, baik dalam bisnis mobile broadband maupun eksplorasi sektor lainnya. “Evolusi bisnis mobile broadband, akses nirkabel tetap, jaringan privat, dan jaringan yang dapat diprogram mendukung pendekatan berlapis dalam pengembangan bisnis,” jelas Patil.

Patil menutup pidatonya dengan menekankan bahwa 5G akan memungkinkan operator di Indonesia untuk mengoptimalkan peluang mereka di tengah lanskap 5G yang berkembang pesat.

Leave a Reply