Menjaga Ekosistem Biru, BRI Lestarikan Laut dan Dongkrak Pariwisata

Oseanografi BRI: Melestarikan Biota Laut untuk Menopang Industri Pariwisata

Kelompok Sadar Wisata Ujung Bulo Berkolaborasi dengan BRI Kembangkan Potensi Wisata Bahari

Di Pulau Karampuang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Selatan, Pantai Ujung Bulo menawarkan pesona alam yang memikat dengan panorama pantai yang mempesona, air laut jernih yang memperlihatkan terumbu karang dan biota laut, serta lekukan batu karang yang memesona.

Potensi wisata ini menjadi perhatian masyarakat setempat yang membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Ujung Bulo dua tahun lalu. Kelompok ini berfokus pada menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, serta memberikan pelayanan kepada pengunjung.

“Kami mengelola program UMKM bersama masyarakat sekitar, melayani para pengunjung,” ujar Hasan, Ketua Pokdarwis Ujung Bulo. “Untuk saat ini, kami fokus menyiapkan wisata bahari, melayani wisatawan yang ingin menikmati keindahan lautnya,” tambahnya.

Inisiatif Pokdarwis Ujung Bulo mendapat dukungan dari berbagai pihak, salah satunya BRI melalui program “BRI Menanam – Grow & Green”. Bantuan yang disalurkan meliputi pelatihan sadar wisata, sertifikasi selam, dan bantuan peralatan selam.

“Kami memberikan pelatihan diving dan sertifikasi bagi anggota kami agar bisa mendampingi wisatawan yang ingin melakukan diving,” jelas Hasan. “Dengan begitu, kami bisa mandiri dalam pendampingan wisata selam di sini.”

Selain itu, BRI Menanam – Grow & Green juga memberikan bantuan transplantasi terumbu karang sebanyak 1.800 fragmen. Bantuan ini bertujuan menjaga kelestarian ekosistem laut Ujung Bulo.

“Bantuan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kelestarian ekosistem laut Ujung Bulo dalam jangka panjang,” ujar Hasan.

Program BRI Menanam – Grow & Green sejalan dengan komitmen BRI untuk mendukung dan menjaga ekosistem laut, melindungi pantai dan daerah pesisir, serta mengurangi pemanasan global.

Leave a Reply