Keretakan Rumor Shin Tae-yong dan Elkan Baggott Dipatahkan oleh Ekskutif PSSI

Bantahan Isu Keretakan Hubungan Shin Tae-yong dengan Elkan Baggott

Jakarta – Anggota Komite Eksekutif (Exco) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Vivin Cahyani, meluruskan kabar mengenai keretakan hubungan antara pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dan pemain Elkan Baggott.

Vivin menepis dugaan tersebut sebagai isu yang tidak signifikan. “Tidak ada kabar dan tidak ada isu yang signifikan mengenai hubungan Shin Tae-yong dengan Elkan Baggott. Semua aman,” ujar Vivin di SCTV Tower, Jakarta, pada Kamis (30/5).

Isu keretakan hubungan antara Baggott dan Shin Tae-yong muncul setelah nama Baggott tidak tercantum dalam daftar pemain yang dipanggil untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Spekulasi bergulir bahwa absennya Baggott disebabkan oleh ketidakharmonisan dengan pelatih asal Korea itu.

Vivin, yang juga menjabat sebagai Wakil Presiden PSSI, membantah adanya keretakan tersebut dan menegaskan bahwa hubungan keduanya baik-baik saja. Ia menyatakan bahwa PSSI tidak terlibat dalam pemilihan dan pemanggilan pemain, yang menjadi hak prerogatif pelatih.

“Kalau masalah keikutsertaan, pemilihan (pemain) itu ada di pelatih. Kami tidak intervensi,” tegas Vivin.

PSSI, lanjut Vivin, hanya bertugas memfasilitasi tempat latihan, pengamanan, dan aspek pendukung lainnya untuk memastikan kesiapan timnas menghadapi pertandingan.

Saat ini, Shin Tae-yong tengah memusatkan perhatiannya untuk mempersiapkan Timnas Indonesia menghadapi laga krusial melawan Irak dan Filipina pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuat Garuda akan menjamu Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Timnas Indonesia memiliki peluang besar untuk lolos ke babak ketiga kualifikasi, yang sekaligus menjadi tiket ke Piala Asia 2027. Untuk mewujudkan itu, skuat asuhan Shin Tae-yong hanya membutuhkan satu kemenangan tambahan. Saat ini, Indonesia menempati peringkat kedua Grup F dengan koleksi tujuh poin.

Leave a Reply