Persiapan Garuda: Calvin Tantang Arhan untuk Pos Bek Kiri Timnas

Pertempuran Sengit di Pos Bek Kiri Timnas: Calvin Tantang Arhan untuk Superioritas

Timnas Indonesia Kedatangan Bek Kiri Naturalisasi, Pratama Arhan Tak Khawatir

Jakarta – Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan kedatangan bek kiri baru, Calvin Verdonk. Pemain NEC Nijmegen ini tengah menjalani proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Verdonk akan menjalani proses terakhir naturalisasinya di Komisi X dan Komisi III DPR RI pada Senin (3/6). Jika proses tersebut berjalan lancar, ia akan resmi menjadi bek kiri naturalisasi ketiga bagi skuad asuhan Shin Tae-yong, di samping Shayne Pattynama dan Nathan Tjoe-A-On.

Persaingan lini pertahanan Indonesia semakin ketat, mengingat Justin Hubner, bek Cerezo Osaka, juga dapat dimainkan sebagai bek kiri. Meski begitu, Pratama Arhan mengaku tak risau.

“Tentu bagus buat saya dan timnas, karena persaingan yang bagus,” ujar Arhan di sela-sela latihan Timnas Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jumat (31/5).

“Menurut saya, ini bisa meningkatkan skill dan perkembangan saya, dan bisa belajar dari pemain baru,” imbuhnya.

Kepulangan Arhan menandai bergabungnya pemain pertama ke pemusatan latihan Timnas Indonesia. Ia mengaku senang bisa kembali bersama rekan-rekannya yang tengah bersiap menghadapi dua laga penutup kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni.

“Saya senang bisa bergabung dengan teman-teman lainnya,” kata Arhan.

Sementara itu, proses naturalisasi Verdonk disambut baik oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Ia berharap kehadiran bek berusia 25 tahun itu dapat menambah kekuatan Timnas Indonesia.

“Kami optimistis dengan kehadiran Calvin Verdonk, kualitas dan kedalaman skuad Timnas Indonesia akan semakin meningkat,” kata Iriawan.

Hingga berita ini diturunkan, proses naturalisasi Verdonk masih berlangsung. Jika semua proses berjalan lancar, ia akan menjadi amunisi tambahan bagi Timnas Indonesia menghadapi persaingan di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Leave a Reply