Potensi Calvin Verdonk Membela Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Harapan Garuda Terbang Tinggi dengan Potensi Calvin Verdonk di Babak Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pemain Naturalisasi Verdonk Ragu Tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jakarta – Calon pemain naturalisasi Indonesia Calvin Verdonk menyatakan keraguannya untuk membela Timnas Indonesia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Juni mendatang. Pasalnya, ia memperkirakan proses perpindahan kewarganegaraannya belum akan selesai sebelum pertandingan bergulir.

“Tidak (membela Timnas Indonesia di laga melawan Irak atau Filipina), tapi kita akan lihat nanti,” ujar Verdonk saat ditemui usai sesi latihan Timnas Indonesia di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jumat (31/5).

Verdonk menghadiri sesi latihan Timnas Indonesia pada Jumat. Ia tampak menyatu dengan para pemain dan mengikuti instruksi pelatih Shin Tae-yong.

Proses naturalisasi Verdonk masih dalam tahap pembahasan di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Komisi III dan Komisi X dijadwalkan menggelar rapat untuk membah as perpindahan kewarganegaraan Verdonk beserta pemain keturunan lainnya, Jens Raven, pada Senin (3/6).

Verdonk menyatakan harapannya agar proses naturalisasi dapat segera rampung. Namun, ia juga menyadari bahwa masih ada proses panjang yang harus dilalui.

“Harapan saya mereka bisa menyelesaikannya (naturalisasi) secepat mungkin. Namun, kami perlu menunggu dan menanti apa yang akan terjadi. Kita akan lihat nanti,” kata Verdonk.

Sementara itu, Timnas Indonesia dijadwalkan menghadapi Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Laga tersebut akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Kehadiran Verdonk diharapkan dapat memperkuat lini belakang Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong. Sebelumnya, sudah ada 11 pemain keturunan yang membela Tim Merah Putih, di antaranya Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Marc Klok.

Leave a Reply