Arena Persaingan MotoGP Italia: Bagnaia Merajai Sprint Race, Kejutan dari Marquez dan Acosta

Francesco Bagnaia Raih Kemenangan di Sprint Race MotoGP Italia

Pada Sabtu, 1 Juni 2024, di Sirkuit Mugello, Italia, Francesco Bagnaia tampil dominan dengan merebut kemenangan di Sprint Race MotoGP Italia 2024. Pemimpin klasemen sementara, Jorge Martin, mengalami insiden dan terjatuh saat balapan menyisakan empat lap. Adapun Marc Marquez dan Pedro Acosta berhasil menaiki podium dengan menempati urutan kedua dan ketiga.

Jalannya Balapan

Start yang apik dari Bagnaia dan rekan setimnya dari Ducati, Enea Bastianini, langsung membawa mereka ke posisi teratas. Brad Binder, yang start dari posisi ke-13, juga tampil impresif dengan merangsek naik dan membuntuti Jorge Martin.

Martin tidak tinggal diam dan berhasil menyalip Bastianini di lintasan lurus untuk merebut posisi kedua. Marquez juga terlihat mengancam dari belakang, mengincar posisi Binder.

Namun, balapan mengalami insiden saat Quartararo dan Oliveira terlibat tabrakan di lap kedua. Keduanya pun terpaksa gagal melanjutkan balapan.

Persaingan makin ketat ketika Bastianini kembali menyalip Martin di Tikungan 1. Sayangnya, Bastianini terlalu cepat dan bertabrakan dengan Martin saat mencoba mendapatkan kembali racing line.

Di tengah kekacauan ini, Acosta berhasil menyalip Binder untuk mengambil alih posisi keempat. Marquez yang mengincar posisi kedua, harus bersabar menunggu momen yang tepat.

Lap selanjutnya, juara dunia delapan kali itu menemukan jalur dalam di lintasan lurus dan berhasil mendahului Martin.

Joan Mir dari Repsol Honda memilih mundur dari balapan saat balapan menyisakan lima lap lagi. Martin juga menyusul rekan senegaranya tersebut setelah terjatuh pada lap yang sama.

Meski sempat unggul 1,5 detik atas Acosta, Martin terjatuh di Tikungan 1 yang membuatnya gagal finis.

Bagnaia yang berada di posisi terdepan berhasil mempertahankan keunggulannya hingga akhir balapan, disusul oleh Marquez dan Acosta di podium. Franco Morbidelli, Maverick Vinales, dan Brad Binder melengkapi posisi lima besar.

Hasil Klasemen Sementara

Dengan tambahan 12 poin, Bagnaia semakin kokoh di puncak klasemen dengan total 145 poin. Martin yang meraih poin nol, turun ke posisi ketiga dengan 125 poin. Sedangkan Marquez naik ke posisi kedua dengan 130 poin.

Sprint Race MotoGP Italia 2024 telah menunjukkan persaingan yang ketat dan tidak terduga. Balapan utama yang akan digelar pada hari Minggu, 2 Juni 2024, diprediksi akan semakin seru dan mendebarkan.

Leave a Reply