Maestro Lapangan Hijau Enzo Maresca Nakhodai Chelsea dalam Kontrak Emas

Legenda Sepak Bola Enzo Maresca Kembali ke Stamford Bridge, Pimpin Chelsea ke Era Keemasan

Chelsea Tunjuk Enzo Maresca Sebagai Pelatih Baru

London, 3 Juni 2024 – Chelsea secara resmi mengumumkan penunjukan Enzo Maresca sebagai pelatih baru, Senin (3/6). Pria Italia itu menandatangani kontrak selama lima tahun.

Maresca meninggalkan Leicester City, klub yang ia bawa promosi kembali ke Liga Premier pada musim pertamanya sebagai pelatih. Ia akan memulai tugas barunya di Stamford Bridge pada 1 Juli mendatang.

“Dia telah membuktikan dirinya sebagai pelatih luar biasa yang telah memberikan hasil luar biasa dengan gaya yang menarik dan khas. Ambisi dan etos kerjanya sejalan dengan visi klub,” demikian pernyataan Chelsea yang disampaikan direktur olahraga Laurence Stewart dan Paul Winstanley.

Leicester sangat kecewa kehilangan Maresca. “Dengan Enzo yang telah mengambil keputusan dan persyaratan klub untuk kepergiannya telah terpenuhi, kami mendoakan yang terbaik untuk usahanya di masa mendatang,” bunyi pernyataan klub.

“Dia pergi dengan apresiasi dari semua orang di klub atas kontribusinya dalam membantu kami segera kembali ke Liga Premier.”

Pelatih berusia 44 tahun itu menggantikan Mauricio Pochettino, yang meninggalkan klub bulan lalu setelah bertugas selama satu musim. Di bawah asuhan Pochettino, tim London Barat itu mencatatkan peningkatan performa di akhir musim dengan finis di urutan keenam dan mengamankan tiket ke kompetisi Eropa.

Itu adalah kemajuan yang signifikan dari finis di urutan ke-12 pada musim 2022-23. Namun, hasil tersebut tidak memuaskan bagi para petinggi klub, yang akhirnya memutuskan untuk berpisah dengan Pochettino.

Maresca kini ditugaskan untuk membawa Chelsea kembali ke Liga Champions, yang pernah mereka menangkan dua kali, terakhir pada 2021. Meski belum memiliki pengalaman di Liga Champions, Maresca memiliki sejumlah pengalaman melatih.

Ia pernah melatih tim muda Manchester City dan menjadi asisten pelatih tim senior di bawah asuhan Pep Guardiola saat mereka meraih treble. Peran manajerial pertamanya adalah bersama Parma pada 2021, namun ia hanya bertahan 14 pertandingan dengan hanya mencatatkan empat kemenangan.

Maresca kemudian ditunjuk sebagai manajer Leicester di Championship pada awal musim 2023-24. Mereka memulai dengan performa gemilang, memimpin hingga delapan poin di puncak divisi pada akhir 2023.

Leicester sempat mengalami kesulitan di paruh kedua musim dan menghadapi masalah di luar lapangan. Namun, Maresca akhirnya mampu membawa mereka promosi ke Premier League dengan finis di puncak klasemen.

Di Championship, bersama Leicester, Maresca menerapkan gaya bermain penguasaan bola, membangun permainan dari belakang. Gayanya mirip dengan yang diterapkan Pochettino di Chelsea pada beberapa pertandingan terakhir musim lalu.

Leave a Reply