Kemilau Seni Melayu Terpancar di Batam, 250 Seniman Mancanegara Siap Pukau Pengunjung

Pesona Seni Melayu Memukau Batam, 250 Maestro Internasional Siap Beraksi

Kenduri Seni Melayu Kembali Digelar di Batam, Libatkan Peserta dari Berbagai Negara

Batam – Kenduri Seni Melayu (KSM) ke-26 resmi dibuka di HarbourBay, Batam, pada Jumat (7/6/2024). Acara ini akan berlangsung selama tiga hari hingga 9 Juni 2024.

KSM kali ini melibatkan peserta dari beberapa negara tetangga, antara lain Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Myanmar. Pembukaan acara berlangsung meriah di halaman parkir HarbourBay Batam, dengan panggung megah berdesain rumah khas Melayu.

“Acara Kenduri Seni Melayu terus rutin kita laksanakan setiap tahunnya. Bahkan saat pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu, acara ini tetap dilaksanakan,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Ardiwinata, dalam sambutannya.

Rangkaian Acara KSM

Selama tiga hari pelaksanaannya, KSM akan menyuguhkan berbagai rangkaian acara, di antaranya pertunjukan seni, permainan rakyat, seminar budaya, pelatihan tari tradisional, bazar, dan kuliner Melayu.

“Hampir 250 peserta akan ikut dalam kegiatan ini, tidak hanya dari empat negara ASEAN tetapi juga dari provinsi di Sumatera. Mari kita lihat bersama penampilan mereka,” kata Ardi.

KSM merupakan salah satu acara yang masuk dalam kalender Karisma Event Nusantara yang disusun oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Rencana Pembangunan Pentas Budaya Permanen

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengungkapkan bahwa kegiatan budaya seperti KSM harus terus dilestarikan untuk menarik wisatawan mancanegara. Pada KSM kali ini, wisatawan dari Singapura, Malaysia, dan Myanmar turut hadir.

“Budaya daerah harus kita hidupkan agar bisa menarik wisata mancanegara. Wisata akan lebih baik jika kegiatan ini bisa kita kembangkan dari tahun ke tahun,” kata Rudi yang juga menjabat sebagai Kepala BP Batam.

Melalui Dinas Pariwisata Kota Batam, Rudi berencana membangun pentas budaya permanen agar kegiatan seni budaya dapat digelar secara rutin. “Jika itu bisa kita lakukan, pariwisata akan hidup dan kita semua sejahtera,” ungkapnya.

Pembukaan KSM juga dimeriahkan oleh artis Malaysia, Rojer Kajol, yang mengajak seluruh penonton berjoget Melayu di depan panggung utama.

Leave a Reply