Jalan Terjal Skuad Garuda ke Putaran Tiga Jika Terpuruk Lawan Filipina

**Skuad Garuda Berhadapan dengan Tantangan Krusial di Duel Melawan Filipina**

Peluang Timnas Indonesia Bertahan di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jakarta – Tim Nasional Indonesia masih mempertahankan peluang lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, kendati menelan kekalahan 0-2 dari Irak pada Kamis (6/6) di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Dalam laga tersebut, Ali Jasim dan Aymen Hussein menjadi penentu kemenangan Irak, sementara bek Indonesia Jordi Amat menerima kartu merah pada menit ke-59. Indonesia wajib mengalahkan Filipina pada pertandingan terakhir fase grup pada Selasa (11/6) untuk mengamankan tiket ke putaran selanjutnya.

Namun, jika Indonesia kembali menelan kekalahan atau hanya bermain imbang, masih ada skema alternatif untuk lolos. Vietnam, pesaing terdekat Indonesia, akan menghadapi Irak pada Rabu (12/6). Indonesia harus berharap Vietnam menelan kekalahan dari Irak. Jika hal ini terjadi, hasil pertandingan Indonesia melawan Filipina tidak akan memengaruhi posisi Indonesia di klasemen saat ini. Situasi serupa juga akan terjadi jika Indonesia dan Vietnam sama-sama kalah.

Namun, jika Vietnam imbang melawan Irak dan Indonesia kalah dari Filipina, kedua tim akan memiliki poin yang sama, tujuh poin. Sesuai peraturan, selisih gol akan menjadi pertimbangan jika poin kedua tim sama. Saat ini, Indonesia dan Vietnam sama-sama memiliki selisih gol minus dua. Artinya, posisi Indonesia akan turun ke peringkat ketiga jika skenario tersebut terjadi.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berjanji untuk mempersiapkan timnya dengan sebaik mungkin menghadapi Filipina. Kemenangan merupakan harga mati yang harus diraih Indonesia. “Tidak ada tempat lagi untuk kami mundur, kami harus bekerja lebih keras,” ujar STY dalam jumpa pers usai pertandingan melawan Irak.

Berdasarkan rekor pertemuan, Indonesia dan Filipina memiliki catatan yang cukup berimbang. Dari lima pertandingan terakhir, kedua tim sama-sama meraih satu kemenangan dan tiga pertandingan berakhir imbang. Pertandingan terakhir antara kedua tim di Manila pada November tahun lalu menghasilkan skor 1-1.

Leave a Reply