Dilema Ruang Penyimpanan: Koper dan Tas Jinjing Terjepit di Kabin Pesawat yang Padat

Ruang Kabin Sempit, Pergulatan Tas: Dilema Penyimpanan di Pesawat Padat

Aturan Baru Penyimpanan Barang di Kompartemen Pesawat: Kompartemen Bukan Milik Penumpang

Jakarta – Saat menaiki pesawat, penumpang kerap kali menyimpan tas jinjing atau koper kecil di kompartemen di atas kepala, terutama yang terletak di baris kursinya masing-masing. Namun, pengaturan penyimpanan tersebut ternyata berbeda dari asumsi penumpang.

Menurut seorang pramugari Delta Airlines, kompartemen di atas kursi pesawat tidak menjadi milik orang yang duduk di kursi tersebut. “Kompartemen di atas kepala bukan milik penumpang,” ungkap pramugari yang tidak ingin disebutkan namanya kepada _Travel + Leisure_.

Beberapa tempat penyimpanan di atas kepala dialokasikan untuk peralatan keselamatan, sehingga tidak dapat digunakan untuk menyimpan barang bawaan. Akibatnya, penumpang mungkin tidak mendapatkan ruang di atas kepala sama sekali.

Hal ini diperkuat oleh seorang pramugari Alaska Air yang menyatakan, “Di Alaska, semuanya merupakan ruang bersama dalam kabin layanan Anda. Jadi, secara teknis Anda tidak punya ruang sendiri.”

Perebutan ruang di kompartemen di atas kepala pun sering terjadi. Pramugari Delta lainnya menyarankan agar penumpang memperhatikan kebutuhan orang lain dari awal menaiki pesawat.

“Hal pertama yang harus diperhatikan adalah Anda bukan satu-satunya penumpang. Beberapa orang tidak menggunakan ruang tambahan apa pun, tapi keluarga, terutama yang memiliki anak kecil, biasanya memerlukan ruang yang banyak,” katanya.

Selain itu, tas berukuran kecil sebaiknya disimpan di bawah kursi, bukan di atas. Penumpang juga perlu menghormati penumpang yang naik belakangan.

Apabila kompartemen di atas kepala telah penuh, penumpang dapat mencari ruang penyimpanan di depan atau di belakang tempat duduk. “Sebagai penumpang, saya akan mencari ruang di depan tempat duduk saya. Hal ini tentu memudahkan saat turun dari pesawat. Selain itu, penumpang dapat mengawasi barang bawaannya dari tempat duduknya,” saran pramugari tersebut.

Dengan mengikuti aturan penyimpanan tersebut, diharapkan perebutan ruang dan potensi konflik antarpenumpang dapat dihindari.

Leave a Reply