Legenda Voli Korea Selatan Kim Yeon-koung Memasuki Babak Baru, Diiringi Salam Hangat dari Megawati

Sang Bintang Voli Korea Selatan, Kim Yeon-koung, Melangkah ke Horizon Baru dengan Restu dari Ibu Megawati

Ratu Voli Korea, Kim Yeon-koung, Pensiun dari Timnas

Setelah dua dekade berjaya, Kim Yeon-koung mengakhiri perjalanannya bersama Tim Nasional Voli Putri Korea Selatan pada ajang KYK Invitational yang berlangsung di Jamsil Arena, Seoul, akhir pekan lalu.

Lahir pada 25 Februari 1988, Kim melakoni debutnya di timnas pada tahun 2004. Usai Olimpiade Tokyo 2021, ia sebenarnya telah menyatakan mundur dari pelatnas. Namun, pandemi Covid-19 yang melanda global menunda acara perpisahannya hingga Juni 2024.

Ajang KYK Invitational yang berlangsung pada 8-9 Juni 2024 menjadi panggung terakhir bagi Kim mengenakan jersey timnas. Acara itu menampilkan dua tim All-Star Korea Selatan yang saling berhadapan. Di hadapan lebih dari 6.000 penggemar, Kim tampil untuk terakhir kalinya dengan seragam kebanggaan negaranya.

“Saya bangga mengenakan bendera nasional di seragam saya selama bertahun-tahun,” ucap Kim dalam sambutannya, dikutip dari The Donga Ilbo. “Saya bersyukur dapat berbagi momen ini dengan kalian semua. Tanpa kalian dan para pemain, bola voli putri tidak akan mendapatkan banyak perhatian.”

Presiden Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), Ary Graca, juga menyampaikan penghormatannya melalui rekaman video. “Kim Yeon-koung adalah salah satu pemain terhebat dalam sejarah voli dan panutan bagi jutaan orang di seluruh dunia,” katanya. “Semua penggemar akan merindukan energinya dan dedikasinya.”

Kolega Kim, termasuk bintang voli Indonesia Megawati Hangestri Pertiwi, juga memberikan penghormatan. “Terima kasih telah menjadi motivasi bagi banyak orang, terutama saya,” tulis Megawati di akun Instagram-nya. “Terima kasih atas kerja keras dan semangat Anda selama ini.”

Meski pensiun dari timnas, Kim masih akan aktif bermain voli di level klub. Saat ini, ia masih memperkuat Incheon Pink Spiders di V-League Korea Selatan.

Leave a Reply