Timnas U-16 Fokus Lawan Semifinal usai Hentikan Euforia Kemenangan

Garuda Muda Fokus Hadapi Semifinal Lepaskan Gairah Kemenangan

Timnas Indonesia U-16 Melaju ke Semifinal Piala AFF U-16

Solo – Timnas Indonesia U-16 sukses mengunci posisi juara Grup A Piala AFF U-16 setelah menorehkan rekor sempurna dalam tiga pertandingan grup. Anak asuh Nova Arianto itu mengalahkan Laos U-16 dengan skor meyakinkan 6-1 pada laga terakhir mereka di Stadion Manahan Solo, Kamis (27/6/2023) malam.

Gol-gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak oleh Josh Holong Junior (37′, 61′), I Putu Panji Apriawan (45′), Muhammad Zahaby Gholy (24′), Mochamad Mierza Firjatullah (79′), dan satu gol bunuh diri dari Sayyavath Vandavath (30′).

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pemain saya yang sudah berjuang maksimal di pertandingan hari ini,” ungkap Nova usai pertandingan. “Sekali lagi saya tidak melihat hasil. Saya selalu bersyukur. Kalau secara konsep awalnya kan ke-23 pemain bisa tampil di AFF dan saya bersyukur semua pemain sudah bisa tampil.”

Meski tampil apik di fase grup, Nova Arianto menyadari masih ada kekurangan pada skuadnya. Ia meminta anak-anak asuhnya untuk lebih fokus menghadapi pertandingan semifinal.

“Saya sampaikan kepada pemain ini bukan lahir ini menjadi awal kita untuk ke depannya bisa lebih baik lagi. Saya minta pemain bisa fokus lagi dan melupakan euforia malam ini sehingga semifinal kami bisa tampil maksimal,” tegasnya.

Target utama Timnas Indonesia U-16, lanjut Nova, bukanlah meraih juara, melainkan perkembangan progresif dari setiap pemain. “Saya sampaikan pada pemain saya agar fokus di tiap pertandingannya dan bersyukur kita bisa lolos. Kita lihat siapa yang akan kita hadapi di semifinal, apakah Thailand, Australia, Vietnam, atau Myanmar. Siapa pun lawannya, kita akan evaluasi dan lihat seperti apa persiapan mereka,” jelasnya.

Nova juga mengapresiasi adaptasi para pemainnya terhadap strategi yang diterapkan. “Secara taktik, pemain saya bisa cepat beradaptasi dengan apa yang ada di lapangan saat kami gunakan. Saya bersyukur pemain bisa menjalankan dengan baik sehingga perubahan formasi di tengah pertandingan tidak menjadi masalah bagi mereka,” tuturnya.

“Saya melihat ini sebagai progres pemain dalam latihan kami. Mereka bisa lebih berkembang dalam hal taktikal maupun fisik,” imbuh Nova.

Leave a Reply