Timnas Garuda Muda Perkasa Taklukkan Timor Leste, Asa Lolos Semifinal Piala AFF U-19 Terbuka Lebar

Skuad Garuda Muda Tundukkan Timor Leste, Torehkan Harapan Besar di Semi Final Piala AFF U-19

Timnas Filipina U-19 Jaga Peluang ke Semifinal Piala AFF U-19 2023

Surabaya – Timnas Filipina U-19 mengamankan harapan untuk melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2023 usai menaklukkan Timor Leste dengan skor 2-0 pada laga Grup A di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (15/7).

Kemenangan ini diraih berkat dua gol yang disarangkan oleh Banatao Otu Abang, masing-masing pada babak pertama dan kedua. Dengan hasil ini, Filipina menempati posisi kedua klasemen sementara Grup A dengan tiga poin dari dua pertandingan, sedangkan Timor Leste turun ke posisi ketiga dengan jumlah poin yang sama namun kalah selisih gol.

Dominasi Filipina di Babak Pertama

Filipina memulai pertandingan dengan agresif dan memecah kebuntuan pada menit ke-11 melalui sundulan Abang yang memanfaatkan umpan silang Justin Roxas. Filipina terus memberikan ancaman, namun sundulan Merino Leonor masih menyamping.

Timor Leste berupaya merespons melalui peluang yang diciptakan Alexandro Bakhito, tetapi bola bisa ditepis kiper Filipina, Inigo Castro. Dominasi Filipina berlanjut hingga akhir babak pertama.

Gol Kedua Filipina di Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Timor Leste mengambil inisiatif serangan, namun Filipina yang berbalik menciptakan peluang emas lewat tendangan Angelo Arnado Menisca. Timor Leste juga mengancam melalui tendangan Alexandre Guterres, tetapi masih menyamping.

Pada menit ke-60, kesalahan lini belakang Timor Leste dimanfaatkan dengan baik oleh Abang untuk menggandakan keunggulan Filipina menjadi 2-0. Timor Leste memiliki kesempatan menipiskan selisih melalui tendangan bebas Ricardo Bianco dan peluang emas Ario Ximenes, namun keduanya gagal berbuah gol.

Peluang Berikutnya

Pada laga selanjutnya (23/7) di Grup A, Filipina akan menghadapi Kamboja, sementara Timor Leste akan bertemu tuan rumah Indonesia. Kemenangan atas Kamboja akan memastikan tempat Filipina di semifinal.

Leave a Reply