Eksperimen Indra Sjafri Cari Kombinasi Terbaik Timnas U-20 di Toulon

Timnas Garuda Nusantara Uji Coba Kombinasi Ideal di Toulon

Timnas U-20 Indonesia Asah Kemampuan di Toulon Tournament

Jakarta – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-20 akan mengikuti turnamen prestisius Maurice Revello Tournament (dahulu Toulon Tournament) 2024 sebagai ajang uji coba menjelang Piala AFF U-19 2024.

Pelatih Indra Sjafri mengungkapkan bahwa turnamen yang akan digelar di Vitrolles, Prancis, pada 3-16 Juni 2024 tersebut akan menjadi kesempatan bagi anak-anak asuhnya untuk menghadapi lawan-lawan berkualitas.

“Kami akan menjadikan ajang ini sebagai uji coba untuk Timnas U-20, jadi pemain yang kami bawa kelahiran 2005, 2006, dan 2007,” jelas Indra saat ditemui di Lapangan B Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat.

Timnas U-20 Indonesia tergabung di Grup B bersama Italia, Jepang, Panama, dan Ukraina. Indra berencana mencoba berbagai taktik dan komposisi pemain dalam turnamen ini, yang lebih mengutamakan persiapan tim ketimbang mengincar gelar juara.

“Ini uji coba yang sangat baik untuk membentuk timnas U-20. Baik itu mencari komposisi terbaik maupun mempraktikkan filosofi permainan yang akan kami mainkan nanti,” ujarnya.

Selain mengasah kemampuan menghadapi tim-tim kuat, Toulon Tournament juga akan menjadi ajang bagi Indra untuk menyeleksi pemain-pemain diaspora. Dari delapan pemain yang dibawa, enam akan diseleksi karena Welber Jardim dan Jens Raven hampir pasti masuk skuad utama.

Enam pemain diaspora yang akan dipantau adalah Xavi Woudstra, Mauresmo Hinoke, Kaya Symons, Dion Markx, Sacha Deighton, dan D’Leanu Arts.

“Kami akan memilih pemain yang kami berlakukan untuk non-keturunan sama, dia harus berkualitas. Kalau tidak, izinkan kami tidak memilihnya,” tegas Indra.

Ini akan menjadi partisipasi ketiga bagi Timnas U-20 Indonesia di Toulon Tournament. Pada dua edisi sebelumnya (2017 dan 2022), tim Merah Putih belum pernah berhasil lolos dari fase grup.

Leave a Reply