Misi Angker Gregoria: Tembus Semifinal Singapore Open dengan Gaya Memukau

Perjuangan Dramatis Gregoria: Melangkah Anggun Menuju Semifinal Singapore Open

Target Semifinal Singapore Open 2024 bagi Gregoria Mariska Tunjung

Jakarta – Asisten pelatih Herli Djaenuddin menargetkan tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung untuk mencapai babak semifinal Singapore Open 2024. Target tersebut ditetapkan guna menjaga peringkat Gregoria agar tetap berada di delapan besar dunia menjelang Olimpiade Paris 2024.

“Gregoria harus bisa masuk ke semifinal untuk mendapatkan poin tambahan. Kami ingin memastikan dia tidak keluar dari peringkat delapan terbaik,” ujar Herli dalam keterangan tertulis tim media PBSI, Senin (27/5/2024).

Saat ini, Gregoria menempati peringkat kesembilan dunia BWF dengan poin 73.692. Ia terpaut tipis dari tiga tunggal putri asal Tiongkok yang menghuni peringkat keenam hingga kedelapan, yaitu Han Yue (6), Wang Zhi Yi (7), dan He Bing Jao (8).

Herli mengungkapkan bahwa kondisi fisik dan mental Gregoria telah siap untuk menggapai target tersebut. Pelatih telah memberikan menu latihan yang berfokus pada menjaga kebugaran selama sepekan terakhir. “Kami hanya menjaga agar tidak sakit atau cedera. Latihan-latihan yang bersifat _maintenance_.”

Dalam turnamen Thailand Open 2024 yang digelar dua pekan lalu, Gregoria terhenti di babak perempat final setelah dikalahkan wakil tuan rumah Supanida Katethong dalam pertarungan sengit tiga gim. Jorji, sapaan akrab Gregoria, sempat unggul di gim pertama namun harus mengakui keunggulan lawannya dengan skor 21-14, 20-22, 20-22.

Pada Singapore Open 2024, Gregoria akan berhadapan dengan wakil Taiwan Wen Chi Hsu. Sebelumnya, ia dijadwalkan melawan atlet Amerika Serikat Beiwen Zhang. Namun, pengunduran diri tunggal putri Taiwan Tai Tzu Ying membuat undian mengalami perubahan.

Berdasarkan peraturan terbaru BWF, pemain unggulan yang mengundurkan diri akan digantikan oleh pemain dengan peringkat tertinggi setelah unggulan satu hingga delapan. Gregoria yang berada di peringkat kesembilan naik ke unggulan dan pindah ke posisi unggulan dalam undian.

Awalnya berada di posisi tiga, Gregoria naik ke posisi ke-13 menggantikan Wang Zhi Yi unggulan ketujuh dari Tiongkok. Sementara itu, Wang Zhi Yi mengisi posisi yang ditinggalkan Tai Tzu Ying, yaitu urutan kesembilan.

Herli berharap Gregoria dapat menampilkan performa yang lebih baik di Singapore Open 2024. “Saya berharap di turnamen ini Gregoria bisa mengeksplorasi kemampuannya, mengeluarkan seluruh kebagusannya. Semangat jangan mau kalah,” pungkasnya.

Leave a Reply