“Surfing Pro di Tanjung Setia, Lampung Barat: Ombak Keren Jemput Talenta Nasional”

"Surfers Bersinar di Tanjung Setia: Ombak Menantang Melahirkan Generasi Juara"

Krui Pro 2024 akan Digelar di Pantai Tanjung Setia, Lampung

Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung akan menjadi tuan rumah kejuaraan internasional World Surf League (WSL) Krui Pro 2024. Kejuaraan selancar ini akan berlangsung pada 28 Mei hingga 4 Juni 2024.

Pada Senin sore, 27 Mei 2024, para peserta mulai berdatangan. Atlet selancar dari berbagai negara tersebut terlihat menikmati dan mencoba ombak besar di Pesisir Barat. Beberapa ofisial juga tampak memantau situasi ombak dan keindahan alam pantai setempat.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pesisir Barat, Suryadi, menyebutkan bahwa hingga saat ini sudah tercatat 265 peserta siap mengikuti Krui Pro 2024. “Peserta sudah mencapai 265 orang dari 20 negara. Untuk peserta lokal, diperkirakan ada sekitar 28 peserta,” ujarnya.

Nias Pro 2024 Lanjutkan Kejuaraan WSL

Seri kejuaraan WSL akan dilanjutkan ke Nias Pro 2024 di Pantai Sorake, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara pada 8-15 Juni 2024. Ini merupakan tahun keempat Nias Pro digelar dan selalu diminati oleh peserta luar negeri.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Nias Selatan, Anggraeni Daici, mengungkapkan bahwa jumlah pendaftar telah mencapai lebih dari 215 orang. “Jika masing-masing peserta membawa dua hingga tiga kru, maka sudah ada sekitar 700 orang dari mancanegara. Kami menargetkan total wisatawan mencapai 30.000 orang,” katanya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa Nias Pro 2024 menarik bukan hanya karena kejuaraannya, tetapi juga acara pendukung yang digelar.

“Salah satu yang menarik adalah pertunjukan tradisi lompat batu di Desa Wisata Hilisimaetano. Di Nias Barat ada Festival (Pesona) Aekhula yang waktunya tidak jauh dari Nias Pro 2024,” jelas Sandiaga. Festival Pesona Aekhula akan berlangsung di Pantai Gu’u Sirombu pada 22-26 Mei 2024.

Krui dan Nias dikenal sebagai spot selancar favorit para peselancar dunia. Kompetisi selancar kelas dunia ini diharapkan dapat mempercepat pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 14 juta pada 2024.

Leave a Reply