Borobudur Pancarkan Cahaya Waisak, Menparekraf Targetkan Rekor 1 Juta Penziarah

Cahaya Waisak Terangi Borobudur, Menparekraf Bidik Rekor Peziarah

Perayaan Waisak Tingkatkan Pariwisata Indonesia

Perhelatan Waisak di Candi Borobudur pada tahun ini mendapat apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Menurutnya, perayaan tersebut berlangsung khidmat dan sukses menarik perhatian dunia.

“Waisak kemarin kajiannya belum keluar, tapi sangat sukses sekali dan perhelatan ini dihargai oleh dunia,” ungkap Menparekraf dalam konferensi pers mingguan, Senin (27/5/2024).

Menparekraf menargetkan 300 ribu pengunjung pada perayaan Waisak tahun ini. Ia optimistis target tersebut tercapai, mengingat indikasi positif dari tingkat hunian hotel dan penjualan tiket masuk Candi Borobudur.

“Kita akan lihat kajian terakhirnya, tapi karena semua indikasi daripada tingkat hunian dan penjualan yang kita sudah terima laporannya, saya optimistis ini akan tercapai,” kata Sandi.

Salah satu acara yang mencuri perhatian selama perayaan Waisak adalah festival pelepasan lampion di Candi Borobudur. Momentum tersebut terdokumentasi dengan baik di media sosial dan mendapat apresiasi dari warganet.

“Keindahan momentum festival pelepasan lampion yang begitu indah dan khidmat,” tulis salah satu warganet.

Kesuksesan perayaan Waisak tahun ini juga memunculkan harapan untuk peningkatan kunjungan wisatawan di tahun-tahun mendatang. Sandiaga menargetkan 1 juta kunjungan ke Candi Borobudur.

“Kita melihat bahwa tahun-tahun selanjutnya dengan adanya penerbangan langsung, dengan mengintegrasikannya umat Buddha di kawasan Asia Tenggara, kita mentargetkan 1 juta kunjungan ke Borobudur di tahun-tahun mendatang,” jelasnya.

Leave a Reply