Garuda Bidik Trofi AFF 2024, Reaksi Shin Tae-yong Tak Terduga

Burung Garuda Patok Trofi AFF 2024, Coach Tae-yong Bereaksi Tak Biasa

Piala AFF Penting, Tapi Piala Asia dan Piala Dunia Lebih Diutamakan Pelatih Timnas Indonesia

Jakarta – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia Shin Tae-yong menekankan bahwa Piala AFC dan Piala Dunia merupakan turnamen yang lebih penting untuk diperjuangkan dibanding Piala AFF.

Meski tidak mengesampingkan pentingnya Piala AFF, Shin Tae-yong menyatakan bahwa level Piala AFC dan Piala Dunia jauh lebih tinggi.

“Jujur, saya tidak tahu (apakah Piala AFF penting). Tapi yang pasti, AFC lebih besar dari AFF,” kata Shin Tae-yong kepada media, Selasa (28/5/2023).

Pelatih asal Korea Selatan itu mengimbau para penggemar Timnas Indonesia untuk memiliki visi yang lebih luas dan tidak hanya berfokus pada Piala AFF. Menurutnya, Piala Asia dan Piala Dunia adalah tujuan yang lebih besar dan bermakna.

“Saya mohon kepada semua pihak untuk tidak terkurung hanya di Piala AFF saja,” ujarnya.

“Tapi ya kita majukan diri supaya kita bisa melihat yang lebih besar seperti AFC atau FIFA (Piala Dunia),” terang Shin Tae-yong.

Piala AFF 2023 akan digelar pada 23 November hingga 21 Desember mendatang. Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos.

Dalam catatan sejarah, Timnas Indonesia belum pernah menjuarai Piala AFF. Turnamen ini menjadi kesempatan bagi Skuad Garuda untuk mengukir sejarah.

Namun, Shin Tae-yong lebih menekankan pada persiapan Timnas Indonesia untuk menghadapi dua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Indonesia akan berhadapan dengan Irak (6/6) dan Filipina (11/6) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Timnas Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan dalam dua pertandingan tersebut untuk memastikan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan otomatis lolos ke Piala Asia 2023.

Sebelum melakoni laga penting tersebut, Timnas Indonesia akan menjalani laga uji coba melawan Tanzania pada Minggu (2/6) di Stadion Madya, Senayan.

Leave a Reply