Stadion Kanjuruhan Tertunda: Estimasi Penyelesaian Melejit hingga Desember 2024

Renovasi Tertunda, Stadion Kanjuruhan Diproyeksikan Rampung Akhir 2024

Pembangunan Stadion Kanjuruhan Malang Molor, Target Penyelesaian Mundur ke Desember 2024

Malang – Proyek renovasi Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang dipastikan mengalami kemunduran. Semula ditargetkan rampung Agustus atau September 2024, proses pembangunan kini diperkirakan baru akan selesai pada Desember 2024.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Vino Teguh Pramudia, selaku Projects Manajer PT Waskita Karya, pihak pelaksana proyek. Menurut Vino, progres pengerjaan saat ini baru mencapai sekitar 50%, sementara pengerjaan struktur telah mencapai 80%.

“Saat ini sudah mendekati 50 persen, tepatnya 48 persen, dan untuk pekerjaan struktur sudah 80 persen selesai,” ungkap Vino pada Rabu (29/5/2024).

Keterlambatan penyelesaian proyek ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kompleksitas desain stadion yang baru. Meski demikian, Vino optimistis proyek dapat diselesaikan pada Desember 2024 sesuai kontrak.

“Target penyelesaian secara kontrak kan Desember ya. Kami laksanakan upaya percepatan, apalagi tadi dari manajemen info kan liga mau dimulai di bulan Agustus. Harapannya nggak jauh di bulan Agustus, mungkin satu dua bulan setelah Agustus kita harus bersiap,” jelas Vino.

Optimisme Vino didasari oleh progres pengerjaan struktur dasar stadion yang telah mencapai 80%. Selain itu, beberapa item penting seperti tiang lampu penerangan, lift untuk disabilitas, dan pendingin udara juga telah dikerjakan.

“Kami masih optimis sekali ya karena memang pekerjaan renovasi sekarang ini paling sulit awalnya itu pekerjaan struktur. Karena sekarang pekerjaan struktur sudah 80 persen selesai, ke depannya akan mudah,” ujar Vino.

PT Waskita Karya berencana memulai pekerjaan struktur di bawah pintu 13, lokasi banyaknya korban meninggal dunia dalam tragedi Kanjuruhan. Vino menyampaikan bahwa pihaknya telah meminta izin dan doa dari keluarga korban untuk kelancaran revitalisasi area tersebut.

“Di kesempatan ini sekalian minta restulah ke perwakilan korban juga, bahwa harus dilakukan pekerjaan struktur di bawah pintu 13. Ke depannya pasti kita kejar kerja arsitek, pemasangan bangku, dan atap,” tambah Vino.

Pantauan di lokasi pada Rabu (29/5/2024), para pekerja terlihat sedang melakukan perbaikan pada sisi barat Stadion Kanjuruhan. Sisi barat stadion di sisi tribun VIP dibongkar sebagian besar, dan proses pengecoran konstruksi masih berlangsung.

Leave a Reply