“Ambisi Garuda Muda di Ajang ASEAN U-16 Boys Championship”

Timnas U-16 Indonesia Incar Gelar Juara ASEAN U-16 Boys Championship

Jakarta – PSSI menargetkan Timnas U-16 Indonesia untuk kembali meraih gelar juara ASEAN U-16 Boys Championship yang akan berlangsung 21 Juni hingga 4 Juli mendatang.

Hasil undian babak grup telah menempatkan Timnas U-16 Indonesia di Grup A bersama Laos, Filipina, dan Singapura. Indonesia kembali menjadi tuan rumah setelah sukses menjuarai turnamen ini pada edisi sebelumnya.

“Kami pasti pasang target setinggi-tingginya. Sebelumnya kita tuan rumah juga dan kebetulan jadi juara di 2022. Mudah-mudahan tahun ini kita juga bisa kembali juara,” ungkap Anggota Komite Eksekutif PSSI Muhammad Sungkar.

Kendati diunggulkan, Muhammad Sungkar mengingatkan skuad Garuda Muda untuk tidak meremehkan lawan. “Kita enggak boleh ngeremehin siapa pun lawannya. Kita harus target untuk cari kemenangan,” tegasnya.

“Target utama kita lolos semifinal, setelah itu target setinggi mungkin sampai final atau juara,” imbuh Anggota Komite Eksekutif PSSI termuda di era kepemimpinan Erick Thohir itu.

Saat ini, Timnas U-16 Indonesia tengah menjalani pemusatan latihan di Sleman, Yogyakarta, di bawah asuhan Nova Arianto. Mereka juga telah melakukan beberapa uji coba, termasuk mengalahkan PSS Sleman U-16 dengan skor 5-1 pada 25 Mei lalu.

Latar Belakang Turnamen

ASEAN U-16 Boys Championship adalah ajang sepak bola tahunan yang diikuti oleh negara-negara anggota Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) untuk kelompok umur U-16. Turnamen ini didirikan pada tahun 2002 dan awalnya bernama Piala AFF U-16.

Indonesia pernah menjadi juara turnamen ini sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 2018 dan 2022. Pada edisi sebelumnya, Timnas U-16 Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam di partai final dengan skor 1-0.

Kali ini, Timnas U-16 Indonesia bertekad untuk mempertahankan gelar juara dan menorehkan prestasi terbaiknya di turnamen ini.

Leave a Reply