Gerbang Udara Hang Nadim Batam Menampakkan Wajah Baru, Siap Melayani Jutaan Penumpang

Hang Nadim Bertransformasi: Gerbang Baru Batam Menyambut Ribuan Penumpang

Bandara Hang Nadim Batam Bangun Terminal 2, Target Tampung 10 Juta Penumpang

Batam – Terminal 2 Bandara Internasional Hang Nadim Batam resmi mulai dibangun ditandai dengan seremoni *groundbreaking* pada Kamis, 30 Mei 2024. Terminal baru ini ditargetkan menampung hingga 9,6 juta penumpang.

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, menyatakan bahwa pembangunan terminal dua ini akan ditangani oleh PT Bandara Internasional Batam (BIB) sebagai konsorsium yang mengelola bandara.

“Wilayah di dalam bandara menjadi tanggung jawab BIB, sementara BP Batam bertanggung jawab atas perbaikan jalan di luar bandara,” ujar Rudi.

Rudi menargetkan pembangunan terminal dua akan selesai dalam waktu dua tahun. “Kami sudah berkolaborasi dan membuat perjanjian bahwa penyelesaian bandara akan bersamaan dengan jalan luar,” ungkapnya.

Dengan selesainya terminal dua, Bandara Hang Nadim Batam diharapkan menjadi gerbang masuk strategis bagi penumpang domestik maupun internasional.

“Kami berharap pembangunan terminal dua ini sesuai jadwal. Mari kita jaga dan kontrol bersama,” imbau Rudi.

Ia juga mengungkapkan bahwa ke depannya tidak hanya terminal dua yang akan dibangun, tetapi juga perluasan *runway* untuk mengakomodasi pesawat berukuran besar.

“Meskipun ada kendala kecil, kami yakin dapat mengatasinya. Secara keseluruhan, saya ucapkan terima kasih kepada BIB,” kata Rudi.

Sementara itu, Direktur PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah, menjelaskan bahwa terminal dua akan dilengkapi tempat parkir baru dan dapat menampung lebih dari 10 pesawat.

“Terminal dua juga akan mendukung penambahan jadwal penerbangan internasional, seperti dari Asean, China, Jepang, dan lainnya,” ungkap Pikri.

Ia menambahkan bahwa pengembangan penerbangan internasional menjadi fokus utama dalam dua tahun ke depan, dengan target khusus pada rute Incheon, Asean, Umrah dan Haji, China, dan Jepang.

“Kami akan terus berupaya dalam dua tahun ini untuk mewujudkannya,” ujar Pikri.

Leave a Reply