Drama Elkan Baggott: Kisah Sulit Antara Kekarantinaan dan Kegelisahan Timnas

Dilema Elkan Baggott: Terjepit Antara Isolasi dan Aspirasi Timnas

Situasi Hubungan Elkan Baggott dan Shin Tae-yong Berjalan Baik

Jakarta – Hubungan antara pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggott, dan pelatih Shin Tae-yong dikabarkan sempat memanas karena pemain tersebut tidak dipanggil ke skuad timnas. Namun, Anggota Komite Eksekutif PSSI, Vivin Cahyani, membantah kabar tersebut.

“Tidak ada masalah yang signifikan antara Elkan Baggott dan Shin Tae-yong. Semuanya aman,” kata Vivin di Jakarta Pusat, Kamis (30/5/2024).

Vivin menegaskan bahwa PSSI tidak ikut campur dalam urusan pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia. Tugas PSSI hanya menyediakan fasilitas latihan dan memastikan keselamatan dan kesehatan pemain.

“Pemilihan pemain ada di tangan pelatih,” ujar Vivin.

Sebelumnya, hubungan Elkan dan Shin Tae-yong dikabarkan memanas karena Elkan tidak masuk dalam skuad Timnas Indonesia untuk kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Shin Tae-yong hanya memanggil empat bek tengah murni, yaitu Rizky Ridho, Jordi Amat, Jay Idzes, dan Muhammad Ferarri.

Kabar permasalahan antara keduanya mencuat setelah Elkan disebut tidak menjawab panggilan Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas U-23 Indonesia pada playoff Olimpiade Paris 2024. Shin Tae-yong mengaku tidak mendapat kejelasan dari Elkan maupun klubnya, Ipswich Town.

Saat ditanya soal Elkan, Shin Tae-yong meminta media untuk mencari tahu masalah sebenarnya. “Masalah Elkan, mungkin langsung tanya saja ke Elkan. Mungkin dia yang lebih tahu,” ucap Shin Tae-yong.

Ini bukan kali pertama Elkan tidak dipanggil ke skuad timnas senior. Sebelumnya, ia juga tidak dibawa untuk kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Maret 2024 karena cedera. Saat ini, Elkan sedang berlibur di New York, Amerika Serikat.

Leave a Reply