Ambisi PSSI: Tajamkan Taring Timnas U-16 di Kancah ASEAN

Timnas U-16 Indonesia: Bentengi ASEAN dengan Taring Tajam

Timnas U-16 Indonesia Targetkan Gelar Juara ASEAN Championship

Jakarta – Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) memasang target tinggi bagi Timnas U-16 yang akan berlaga di ASEAN U-16 Boys Championship pada 21 Juni hingga 4 Juli mendatang. Hal ini disampaikan oleh Anggota Komite Eksekutif PSSI Muhammad Sungkar.

“Kami pasti pasang target setinggi-tingginya. Sebelumnya kita tuan rumah juga dan kebetulan jadi juara di 2022. Mudah-mudahan tahun ini kita juga bisa kembali juara,” ujar Sungkar.

Indonesia kembali menjadi tuan rumah kejuaraan tersebut setelah pernah sukses pada edisi 2022. Kali ini, Solo menjadi kota penyelenggara dengan Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari sebagai venue pertandingan.

Timnas U-16 Indonesia tergabung di Grup A bersama Laos, Filipina, dan Singapura. Meski di atas kertas lebih unggul, Sungkar mengingatkan tim untuk tidak meremehkan lawan.

“Kita enggak boleh ngeremehin siapa pun lawannya. Kita harus target untuk cari kemenangan,” tegasnya.

Target awal Timnas U-16 adalah lolos ke semifinal. Setelah itu, mereka menargetkan partai final atau bahkan gelar juara.

“Menurut saya lawannya sama aja. Pokoknya target utama kita lolos semifinal, setelah itu target setinggi mungkin sampai final atau juara,” ujar Sungkar.

Saat ini, Timnas U-16 Indonesia tengah menjalani pemusatan latihan di Sleman, Yogyakarta. Mereka telah menjalani sejumlah laga uji coba melawan klub lokal, termasuk kemenangan telak 5-1 atas PSS Sleman U-16 pada Sabtu (25 Mei 2024).

Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Nova Arianto, menyatakan optimisme timnya mampu mencapai target yang ditetapkan. “Kami kerja keras mempersiapkan tim ini. Saya yakin anak-anak bisa memberikan yang terbaik,” katanya.

Leave a Reply