Perselisihan Mereda: PSSI Pertemukan Elkan Baggott dan Shin Tae-yong

Diplomasi Sepak Bola: PSSI Perdamaikan Elkan Baggott dan Shin Tae-yong

Keretakan Elkan Baggott dan Shin Tae-yong Diisukan, PSSI Membantah

Vivin Cahyani, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, membantah rumor keretakan hubungan antara Elkan Baggott dengan pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Kontroversi berawal dari tanggapan tajam Shin Tae-yong atas absennya Baggott dalam skuad menghadapi Irak dan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Shin meminta media menghubungi langsung Baggott untuk mengkonfirmasi ketidakhadirannya.

Masalah muncul ketika Baggott dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 dalam kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Namun, pemain keturunan Inggris-Indonesia itu tidak memberikan tanggapan. Klubnya, Ipswich Town, juga belum memberikan izin resmi untuk Baggott bergabung dengan tim U-23.

Meski demikian, Vivin Cahyani menegaskan tidak ada masalah antara Baggott dan Shin Tae-yong. “Tidak ada isu yang signifikan. Hubungan mereka baik-baik saja,” kata Vivin.

“Mengenai pemanggilan pemain, itu sepenuhnya wewenang pelatih. Kami tidak ikut campur,” lanjut Vivin.

Saat ini, Timnas Indonesia sedang menjalani pemusatan latihan di Jakarta, dengan 18 dari 22 pemain sudah hadir. Timnas akan menghadapi Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Untuk lolos ke putaran ketiga kualifikasi, Timnas Indonesia hanya memerlukan satu kemenangan. Namun, bek Justin Hubner bertekad untuk meraih dua kemenangan di SUGBK.

“Kami ingin menyapu bersih kemenangan di dua pertandingan ini. Kami memiliki potensi dan keyakinan untuk melakukannya,” ujar Hubner.

Leave a Reply