Kejutan di Lapangan Hijau: Calvin Verdonk Berlatih Bersama Garuda meski Naturalisasi Tertunda

Kilauan Garuda di Lapangan Hijau: Verdonk Gabung Latihan Meski Jalan Naturalisasi Masih Terjal

Calvin Verdonk Gabung Sesi Latihan Timnas Indonesia atas Permintaan Erick Thohir dan Shin Tae-yong

Jakarta – Calvin Verdonk, pemain keturunan Indonesia, turut berlatih bersama Timnas Indonesia menjelang kualifikasi Piala Dunia 2026 meski proses naturalisasinya belum rampung. Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, mengungkapkan bahwa kehadiran Verdonk merupakan permintaan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan pelatih Shin Tae-yong.

“Memang itu keinginan Pak Ketua Umum PSSI dan tentu atas permintaan Shin Tae-yong agar Verdonk bisa bergabung,” ujar Sumardji saat ditemui di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (31/5/2024).

Proses naturalisasi Verdonk masih dalam tahap pembahasan di DPR RI dan dijadwalkan akan disidangkan pada Senin (3/6) mendatang. Selain Verdonk, proses naturalisasi Jens Raven, pemain keturunan lainnya, juga akan dibahas pada waktu yang sama.

Sumardji menjelaskan bahwa Shin Tae-yong ingin memantau kondisi Verdonk untuk mempersiapkannya jelang kualifikasi Piala Dunia 2026. Meski demikian, PSSI masih akan memantau perkembangan proses naturalisasi bek kiri berusia 27 tahun tersebut.

“Tujuannya supaya coach Shin tahu kondisinya dan bisa menyatu (dengan pemain lain), sambil menunggu proses naturalisasinya yang sedang dilakukan federasi,” tutur Sumardji.

Timnas Indonesia akan menghadapi dua pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina. Sebelumnya, skuad Garuda akan melakoni laga uji coba melawan Tanzania di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (31/5/2024). Belum diketahui apakah Verdonk akan diturunkan dalam pertandingan tersebut.

Leave a Reply