Debut Memukau dari Risaldi, Titisan Sayuri dari Madura United Menggebrak Timnas

Shin Tae-yong Panggil Malik Risaldi untuk Timnas Indonesia

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memanggil Malik Risaldi untuk menggantikan Yance Sayuri yang cedera. Malik akan bergabung dengan skuad Garuda setelah merampungkan pertandingan final Liga 1 bersama Madura United.

“Malik Risaldi dari Madura United dan Nadeo (Argawinata) akan kami panggil setelah hasil MRI Yance menunjukkan kondisi yang tidak memungkinkan,” ujar Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (31/5/2024).

Malik menjadi satu-satunya debutan dalam skuad Timnas Indonesia untuk kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pemain sayap berusia 27 tahun itu tampil impresif bersama Madura United musim ini, menorehkan 13 gol dan 4 assist dari 35 penampilan di Liga 1, dikutip dari Transfermakt.

Profil Malik Risaldi

Malik Risaldi lahir di Surabaya, 23 Oktober 1996. Ia berposisi sebagai pemain sayap kanan, namun dapat juga mengisi posisi sayap kiri.

Kariernya dimulai di WCP Academy (2010-2013) sebelum bergabung dengan akademi Gresik United. Pada 2016, Malik pindah ke Persela Lamongan U-21 dan setahun kemudian ke Aceh United. Pada 2019, ia kembali ke Persela dan memperkuat tim utama.

Bersama Persela, Malik menunjukkan potensi dengan mencatatkan 3 gol dan 5 assist dalam 29 pertandingan di semua kompetisi pada musim pertamanya. Namun, musim keduanya terhambat oleh pandemi COVID-19.

Setelah kembali bergulir pada 2021, Malik tampil mengesankan di Piala Menpora dan membawa Persela ke babak delapan besar. Kendati demikian, Persela terdegradasi dari Liga 1 pada musim 2021-2022.

Madura United kemudian mengontrak Malik pada April 2022. Performanya semakin menonjol musim ini dengan torehan 11 gol dan 4 assist dari 33 pertandingan di babak Regular Series Liga 1. Ia berperan penting dalam mengantarkan Madura United ke final dengan mencetak 2 gol melawan Borneo FC.

Penampilan apik Malik menarik perhatian Shin Tae-yong, yang memberikan kesempatan debut di Timnas Indonesia. Malik berpeluang mengukir penampilan pertamanya saat Skuad Garuda menghadapi Irak (6 Juni) atau Filipina (11 Juli) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, dalam laga putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Leave a Reply