Jawa Barat Dilanda Rentetan Gempa Bumi Dangkal di Awal Tahun

Gempa Beruntun Guncang Jawa Barat di Awal Tahun, Waspadai Potensi Bahaya!

Gempa Bumi Dangkal Dominasi Jawa Barat pada Mei 2024

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat sebanyak 105 gempa bumi mengguncang wilayah Jawa Barat sepanjang Mei 2024. Mayoritas gempa berpusat di kedalaman dangkal, dengan kekuatan bervariasi dari magnitudo 1,1 hingga 5,4.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu, mengungkapkan bahwa dari 105 gempa tersebut, sebanyak 90 kali terjadi pada kedalaman kurang dari 60 kilometer, sementara sisanya 15 kali berkedalaman sedang (60-300 kilometer).

Berdasarkan lokasi episenter, sebanyak 66 gempa berpusat di laut dan 39 lainnya di darat. Dari jumlah tersebut, 12 gempa dirasakan oleh masyarakat, termasuk satu gempa kuat pada 20 Mei 2024 dengan magnitudo 4,6.

Episenter gempa kuat tersebut berada di Samudera Indonesia, sekitar 79 kilometer barat daya Kabupaten Sukabumi. Gempa terasa di sejumlah daerah seperti Sindangbarang, Nagrak, Cibinong, dan Surade dengan intensitas III MMI (Modified Mercalli Intensity).

“Gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar di bawah laut,” jelas Rahayu.

Skala intensitas II MMI menunjukkan getaran terasa oleh sebagian orang di dalam bangunan, sedangkan skala III MMI terasa seperti truk yang melintas. Tim BMKG tidak menerima laporan kerusakan bangunan pasca gempa tersebut.

Leave a Reply