Pasangan Garuda Terbang ke Final Singapore Open: Fajar/Rian Tundukkan Denmark

Garuda Merah Putih Melaju ke Puncak Final Singapore Open: Fajar/Rian Taklukkan Viking Nordik

Ganda Putra Fajar/Rian Melaju ke Final Singapore Open 2024

Jakarta – Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto, pastikan tiket ke partai final Singapore Open 2024 setelah menaklukkan wakil Denmark Kim Astrup dan Anders Skaarup Rasmussen dalam tiga gim langsung, Sabtu (1/6/2024).

Pertandingan yang berlangsung di Singapore Indoor Stadium tersebut menampilkan dominasi Fajar/Rian di gim pertama. Mereka tampil apik dan minim kesalahan, sehingga menyulitkan lawan mengumpulkan poin. Alhasil, pasangan peringkat ketujuh dunia ini unggul telak 21-11 di gim pertama.

Namun, situasi berbalik di gim kedua. Giliran Kim/Anders yang menguasai permainan. Fajar/Rian justru banyak melakukan kesalahan sendiri, yang menguntungkan lawan. Pasangan peringkat keempat dunia tersebut unggul 10-4 dan terus mempertahankan keunggulan hingga akhirnya menang 21-16.

Pada gim penentu, Fajar/Rian kembali menunjukkan kualitas mereka. Mereka mengawali gim dengan dua poin beruntun dan terus menjaga keunggulan. Meski sempat disamakan, mereka mampu mempertahankan momentum dan menutup gim ketiga dengan skor 21-12, sekaligus mengakhiri pertandingan setelah 58 menit.

“Kami sangat senang bisa lolos ke final. Kami bermain baik hari ini, terutama di gim pertama dan ketiga,” ungkap Fajar seusai laga seperti dikutip dari situs resmi BWF.

Kemenangan ini menjadi yang ketiga bagi Fajar/Rian atas Kim/Anders dalam tujuh pertemuan mereka. Rekor head to head kedua pasangan kini menjadi 3-4, masih untuk keunggulan pemain Denmark.

Di partai final, Fajar/Rian akan berhadapan dengan wakil Cina, He Ji Ting dan Ren Xiang Yu yang mengalahkan pasangan Jepang unggulan keenam, Takura Hoki dan Yugo Kobayashi, lewat tiga gim dengan skor 21-16, 19-21, 21-16.

Fajar/Rian menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil menembus final Singapore Open 2024. Pasalnya, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung harus terhenti di semifinal setelah dikalahkan pemain Korea Selatan peringkat satu dunia, An Se Young, dengan skor 14-21, 21-23.

Leave a Reply