Skuad Garuda Bersiap Gempur Stadion Gelora Bung Tomo pada FIFA Matchday September

Timnas Elang Bakal Terjang Stadion Bung Tomo di Laga FIFA September

Timnas Indonesia Pindah ke Surabaya untuk Laga FIFA Match Day

Jakarta – Pertandingan Tim Nasional (Timnas) Indonesia melawan lawan yang belum ditentukan dalam FIFA Match Day pada bulan September 2024 mendatang tidak akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, seperti yang telah dijadwalkan sebelumnya. Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengumumkan bahwa pertandingan tersebut akan dipindahkan ke Surabaya, Jawa Timur.

“Kita (Timnas Indonesia) tidak main di GBK karena ada kedatangan tamu negara Sri Paus,” ujar Erick kepada wartawan setelah meninjau kondisi lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Keputusan pemindahan lokasi pertandingan ini didasarkan pada rencana kunjungan Paus Fransiskus, pemimpin tertinggi umat Katolik dunia, ke Indonesia pada 3 September 2024. Erick menambahkan bahwa pemerintah Indonesia akan melakukan berbagai persiapan untuk mendukung agenda kunjungan tersebut.

“Jadi ini jangan menjadi polemik, karena yang berkunjung ini tamu negara, tokoh dunia ya kita harus mengerti,” kata Erick.

Erick juga telah memerintahkan timnya untuk memeriksa kesiapan arena pertandingan di Surabaya, termasuk kondisi rumput stadion dan infrastruktur penunjang lainnya. Jika kondisi tidak memenuhi standar, lokasi pertandingan akan dipindahkan ke kota lain yang lebih siap sebagai tuan rumah.

“Sudah ada green light ini stadion-stadion bagus jadi ya kita banyak opsi sekarang. Negara ini kaya, tinggal perlu manajemen yang baik,” kata Erick.

Timnas Indonesia memiliki dua jadwal pertandingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 5 dan 10 September 2024. Laga tersebut akan dilakoni anak asuh Shin Tae-yong jika berhasil lolos pada putaran kedua yang ditentukan dari hasil dua pertandingan tersisa melawan Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni mendatang.

Leave a Reply