Raja Tanah Liat Swiatek Melangkah Gagah ke Final French Open Ketiga

Ratu Tanah Liat Swiatek Tak Terbendung Menuju Puncak French Open Ketiga

Dominasi Swiatek Berlanjut di French Open 2024

Paris, 6 Juni 2024 – Petenis peringkat satu dunia Iga Swiatek melaju ke final French Open 2024 untuk ketiga kalinya secara beruntun, menyamai rekor Justine Henin dan Maria Sharapova. Swiatek mengalahkan unggulan ketiga Coco Gauff dengan skor 6-2, 6-4 dalam waktu satu jam 37 menit pada pertandingan semifinal yang sengit.

“Saya sangat bangga dengan permainan saya hari ini. Saya merasa performa saya secara keseluruhan sangat baik,” ujar Swiatek usai pertandingan, dikutip dari WTA.

Kemenangan ini menjadi kemenangan kesebelas Swiatek atas Gauff dalam 12 pertemuan mereka. Swiatek juga mempertahankan rekor kemenangannya di French Open menjadi 20 pertandingan berturut-turut, menjadikannya petenis putri kelima di Era Open yang mencapai pencapaian tersebut.

“Permukaan tanah liat sangat sesuai dengan permainan saya,” kata Swiatek. “Saya merasa dapat bergerak dengan baik dan menyerang lebih bebas. Saya dapat bertahan dengan lebih efektif karena permukaannya yang sedikit lebih lambat.”

Set pertama berlangsung seimbang dengan kedua pemain mempertahankan servis mereka. Namun, Swiatek berhasil mematahkan servis Gauff pada gim kelima, memberikan keunggulan 3-2. Swiatek mempertahankan keunggulannya dan mengamankan set pertama dengan skor 6-2.

Gauff memulai set kedua dengan agresif, mematahkan servis Swiatek pada gim keempat untuk memimpin 3-1. Namun, Swiatek membalas dengan memenangkan empat gim berturut-turut, merebut kembali keunggulan menjadi 5-3.

Gauff berhasil menyelamatkan dua match point pada servisnya sendiri pada gim kesembilan, tetapi Swiatek akhirnya mengunci kemenangan pada match point keempat.

Statistik pertandingan menunjukkan keunggulan Swiatek dalam kesalahan sendiri dan poin yang dimenangkan dari servis kedua. Swiatek hanya membuat 14 kesalahan sendiri dibandingkan 39 dari Gauff. Swiatek juga memenangkan 67% poin dari servis keduanya, sedangkan Gauff hanya 32%.

Kemenangan ini membawa Swiatek selangkah lebih dekat untuk mempertahankan gelar French Open untuk ketiga kalinya. Ia akan menghadapi pemenang semifinal lainnya, antara unggulan ke-12 Victoria Azarenka dan unggulan ke-23 Petra Kvitova, di partai final.

Leave a Reply