Sejarah Berjaya Indonesia Open, Kiblat Bulu Tangkis Asia Tenggara

Legenda Terukir: Indonesia Open, Benteng Bulu Tangkis Asia Tenggara

Babak Perempat Final Indonesia Open 2024: Indonesia Raih Empat Wakil

Turnamen bulu tangkis bergengsi Indonesia Open 2024 yang diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta, telah memasuki babak perempat final pada Jumat (7/6) hari ini. Indonesia selaku tuan rumah berhasil meloloskan empat wakilnya untuk memperebutkan tiket ke semifinal.

Indonesia Open, yang pertama kali digelar pada 1982, merupakan ajang bulu tangkis berskala internasional yang telah mengalami serangkaian evolusi. Sejak 2007, turnamen ini masuk kategori Super Series versi BWF dan pada 2010 naik kelas menjadi Super Series Premier, yang hanya diadakan di 12 negara di dunia.

Pada Indonesia Open pertamanya di tahun 1982, Indonesia berhasil meraih tiga gelar juara. Sejak saat itu, Indonesia menjadi negara yang paling sering menjuarai turnamen ini dengan total 76 gelar hingga 2007.

Indonesia kembali meraih hasil positif pada Indonesia Open 2019 dengan merebut dua gelar juara di sektor ganda putra melalui Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Tahun berikutnya, Indonesia kembali juara ganda putra pada ajang yang digelar di Bali, kali ini melalui Kevin/Marcus.

Pada Indonesia Open 2024 ini, Indonesia terwakili oleh 241 atlet dari 22 negara dengan total hadiah mencapai Rp 20 miliar. Sayangnya, sejumlah atlet andalan Indonesia seperti Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alvian/Rian Ardianto, Apriyani Rahayu/Siti Fadia terpaksa tersingkir di babak awal.

Meski demikian, Indonesia masih memiliki peluang untuk mempertahankan gelar ganda putra melalui Kevin/Marcus yang telah mencatat sejarah sebagai satu-satunya ganda putra yang meraih hat-trick juara Indonesia Open.

Babak perempat final akan mempertandingkan pebulu tangkis dari berbagai negara, termasuk Indonesia, China, Jepang, Denmark, Korea Selatan, dan India. Pertandingan akan berlangsung sengit, karena para atlet akan memperebutkan tiket ke semifinal dan berpeluang meraih podium kemenangan di Indonesia Open 2024.

Leave a Reply