Adidas Buka Peluang Gantikan Erspo sebagai Sponsor Pakaian Resmi Timnas Indonesia
Jakarta – Adidas, produsen perlengkapan olahraga asal Jerman, membuka kemungkinan untuk menjadi sponsor pakaian resmi Tim Nasional Indonesia (Timnas Indonesia). Hal tersebut menyusul prestasi gemilang yang diraih skuad Garuda dalam beberapa waktu terakhir.
Senior Activation Manager Adidas Indonesia, Cinita Dewi Mayakatri, mengungkapkan hal tersebut dalam konferensi pers Adidas menyambut Euro 2024 yang diselenggarakan di Jakarta pada Jumat (14/6/2024). Ia menyatakan bahwa Adidas tidak menutup peluang untuk menjadi sponsor utama pakaian Timnas Indonesia pada periode berikutnya.
“Saya tidak menutup itu [menjadi sponsor pakaian Timnas Indonesia]. Tentu ada kesempatan karena saya melihat prestasi-prestasi Timnas Indonesia belakangan ini sangat, sangat bagus,” ujar Cinita.
“Jadi, tetap lakukan yang terbaik, tentunya itu tidak akan menutup kemungkinan untuk Adidas melakukan ke arah itu,” tambahnya.
Saat ini, Timnas Indonesia didukung oleh Erspo sebagai sponsor pakaian resmi. Merek asal Indonesia ini baru menandatangani kontrak pada tahun ini dan akan bekerja sama dengan Timnas Indonesia hingga 2026.
Namun, kerja sama dengan Erspo diwarnai dengan kritik keras dari publik setelah peluncuran jersey Timnas Indonesia pertama mereka pada awal tahun ini. Salah satu kritik yang dilontarkan adalah desain jersey yang dinilai kurang apik dibandingkan edisi sebelumnya yang digarap oleh Mills.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, juga mengkritik kualitas jersey latihan Timnas Indonesia yang dibuat oleh Erspo. Menurutnya, bahan yang digunakan terasa panas dan kurang menyerap keringat.
Dengan kondisi tersebut, Adidas baru dapat menjadi sponsor resmi Timnas Indonesia setelah kerja sama dengan Erspo berakhir pada 2026 mendatang. Adidas sendiri sebelumnya pernah menjadi sponsor pakaian resmi Tim Merah-Putih pada 2004.
Setelah itu, Timnas Indonesia berganti-ganti sponsor pakaian seperti Nike, Warrix, dan Mills.