Jerman Melaju ke Babak 16 Besar, Genapi Dominasi dengan Kado Gol Musiala dan Gundogan

Jerman Menggenggam Tiket Perkasa, Musiala dan Gundogan Sumbang Kado Kemenangan

Jerman Amankan Tiket 16 Besar Euro 2024 dengan Kalahkan Hungaria

Stuttgart – Tim Nasional Jerman meraih kemenangan penting pada laga kedua Grup A Euro 2024 dengan menaklukkan Hungaria dengan skor 2-0 di Stuttgart Arena, Rabu (19/6/2024).

Gol kemenangan Jerman dicetak oleh Jamal Musiala pada menit ke-22 dan Ilkay Gundogan pada menit ke-67. Hasil ini memastikan Die Mannschaft lolos ke babak 16 besar turnamen.

Pelatih Jerman, Julian Nagelsmann, kembali menurunkan Kai Havertz sebagai ujung tombak, didukung oleh Jamal Musiala, Ilkay Gundogan, dan Florian Wirtz. Sementara di lini tengah, Robert Andrich dan Toni Kroos bertugas menyeimbangkan serangan dan pertahanan. Manuel Neuer dikawal oleh Joshua Kimmich, Antonio Rudiger, Jonathan Tah, dan Maximilian Mittelstadt di lini belakang.

Dominasi Jerman terlihat sejak menit awal pertandingan. Tusukan Musiala dan umpan Gundogan membuat lini pertahanan Hungaria kewalahan. Musiala berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-22 memanfaatkan umpan Gundogan di tengah kemelut depan gawang Hungaria.

Musiala, yang baru berusia 21 tahun, menjadi pemain keempat termuda yang mencetak gol di Euro setelah Wayne Rooney, Cristiano Ronaldo, dan Mikkel Damsgaard. Gol ini juga menggenapkan torehan gol Die Mannschaft menjadi enam gol di fase grup Euro 2024, menyamai rekor mereka di Euro 2020.

Penjaga gawang Manuel Neuer tampil gemilang dengan melakukan penyelamatan ganda saat Hungaria mendapat tendangan bebas dari Dominik Szoboszlai. Musiala nyaris menggandakan keunggulan Jerman pada menit ke-44, namun sepakannya melebar ke sisi kiri gawang Hungaria.

Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Jerman. Dominasi Jerman berlanjut di babak kedua, dengan Hungaria kesulitan mengembangkan permainan. Pada menit ke-67, Gundogan akhirnya menggandakan keunggulan Jerman memanfaatkan assist Mittelstadt.

Gol Gundogan merupakan rekor ketujuh bagi Jerman di fase grup Euro. Terakhir kali mereka mencetak gol sebanyak itu adalah di Piala Dunia 2014. Bagi Gundogan, ini menjadi pertama kalinya ia mencetak gol dan assist dalam satu pertandingan untuk Jerman sejak Oktober 2019.

Jerman terus menciptakan peluang di babak kedua, namun gagal menambah gol. Skor 2-0 bertahan hingga laga berakhir, memastikan tiket babak 16 besar untuk Die Mannschaft.

Leave a Reply