Sang Garuda Muda Berjaya: Kalahkan Laos, Melaju ke Semifinal Piala AFF U-16 2024

Elang Muda Indonesia Terbang Tinggi, Kandaskan Laos di Semifinal Piala AFF U-16

Timnas U-16 Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-16 2024

Jakarta – Tim Nasional Sepak Bola Indonesia U-16 memastikan tiket ke semifinal Piala AFF U-16 2024 setelah mengalahkan Laos dengan skor 6-1 pada laga penentuan juara Grup A. Pertandingan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (27/6/2024) malam.

Awalnya, Indonesia tertinggal lebih dulu akibat gol penalti Phayal Shipanom pada menit ke-5. Namun, tim asuhan Nova Arianto tersebut berhasil membalikkan keadaan berkat gol yang dicetak oleh Zahaby Gholy (23′), Tristan Raissa Ibrahim (29′), Josh Holong (38′, 60′), Putu Panji (45’+3′), dan Mierza Firjatullah (79′).

Kemenangan tersebut mengantarkan Indonesia ke puncak klasemen Grup A dengan mengumpulkan nilai sempurna 9 poin dari tiga pertandingan. Garuda Muda pun berhak melaju ke semifinal Piala AFF U-16 yang akan digelar pada Senin (1/7/2024).

Lawan yang akan dihadapi Indonesia di semifinal masih belum diketahui. Berdasarkan bagan undian, terdapat dua kemungkinan lawan yang akan dihadapi, yakni juara Grup C atau tim yang lolos sebagai runner-up terbaik.

Piala AFF U-16 2024 dibagi menjadi tiga grup. Setiap juara grup akan otomatis lolos ke semifinal, sementara satu tim runner-up terbaik juga akan mendampingi.

Di Grup C, Thailand saat ini berada di puncak klasemen dengan meraih 4 poin, unggul selisih gol dari Australia. Malaysia yang berada di posisi ketiga telah mengumpulkan 3 poin.

Salah satu dari ketiga tim tersebut berpotensi menjadi juara Grup C. Pada pertandingan terakhir, Sabtu (29/6/2024), Thailand akan melawan Malaysia, sementara Australia akan berhadapan dengan Timor Leste.

Selain Laos yang menempati posisi kedua di Grup A, tim yang berpeluang menjadi runner-up terbaik lainnya adalah Thailand, Australia, dan Malaysia dari Grup C. Kemudian, Vietnam dan Kamboja dari Grup B yang sama-sama mengumpulkan 4 poin.

Semifinal Piala AFF U-16 2024 akan berlangsung pada 1 Juli, sementara laga final dan perebutan tempat ketiga akan digelar pada 3 Juli. Indonesia berstatus sebagai juara bertahan setelah berhasil menjuarai turnamen pada tahun 2022 lalu.

Leave a Reply