Bayang Kelam Italia Usai Tersingkir dari Kancah Eropa

Tragedi di Negeri Pizza: Tersingkirnya Italia dari Panggung Eropa

Italia Tersingkir dari Piala Eropa 2024, Dihantui Rekor Juara Bertahan yang Muram

Tim nasional Italia mengalami nasib pilu di Piala Eropa 2024 setelah ditaklukkan Swiss pada babak 16 besar. Kekalahan tersebut menguak fakta-fakta buruk yang menghantui Gli Azzurri, julukan bagi timnas Italia.

Italia dipaksa menyerah 0-2 oleh Swiss di Stadion Olimpiade Berlin pada Sabtu (29/6/2024). Gol-gol Swiss dicetak oleh Remo Freuler pada menit ke-37 dan Ruben Vargas di awal babak kedua.

Kekalahan ini membuat Italia menjadi korban tren kurang menguntungkan dalam beberapa edisi Piala Eropa terakhir.

* Rekor Buruk Juara Bertahan: Italia menjadi tim ketiga yang gugur pada babak 16 besar setelah menyandang status juara Eropa. Sebelumnya, Spanyol (2012) dan Portugal (2016) juga tersingkir pada fase yang sama.

* Kegagalan Mencapai Perempat Final: Untuk pertama kalinya sejak 2004, Italia gagal mencapai babak perempat final Piala Eropa. Saat itu, mereka tersingkir dari babak penyisihan grup.

* Kekalahan Beruntun: Italia menderita dua kekalahan dalam satu edisi Piala Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka. Ini menunjukkan penurunan performa yang signifikan.

Roberto Mancini, pelatih Italia, mengakui kekecewaannya atas hasil ini. “Kami tidak bermain bagus malam ini. Kami membuat kesalahan yang tidak seharusnya,” ujarnya.

Kekalahan ini juga menimbulkan pertanyaan tentang masa depan Mancini sebagai pelatih Italia. Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Gabriele Gravina, mengatakan akan mengadakan pertemuan dengan Mancini untuk membahas masa depan tim.

Sementara itu, Swiss melaju ke babak perempat final dan akan menghadapi Spanyol. Spanyol sendiri berhasil mengalahkan Kroasia 1-0 di babak 16 besar.

Leave a Reply