Asa Terjaga! Filipina U-19 Tekuk Timor Leste, Buka Jalan Menuju Final AFF U-19

Filipina U-19 Gemilang, Tekuk Timor Leste Demi Tiket Final AFF U-19

Filipina Pertahankan Peluang ke Semifinal Piala AFF U-19

Surabaya – Tim Nasional (Timnas) Filipina U-19 memperkuat asa lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2024 setelah menaklukkan Timor Leste 2-0 dalam laga Grup A di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Sabtu (12/7/2023).

Penyerang Banatao Otu Abang menjadi pahlawan kemenangan Filipina dengan mencetak dua gol pada masing-masing babak. Hasil ini mengantarkan Filipina ke peringkat kedua klasemen sementara Grup A dengan tiga poin dari dua pertandingan, sementara Timor Leste turun ke posisi ketiga dengan poin yang sama, tetapi kalah dalam catatan pertemuan langsung.

Pada babak pertama, Filipina memimpin melalui gol sundulan Abang pada menit ke-11 memanfaatkan umpan silang Justin Roxas. Selanjutnya, Filipina terus menekan dan mengancam melalui sundulan Merino Leonor dan tendangan Cyrelle Medez, tetapi belum membuahkan gol. Timor Leste sesekali memberikan respons melalui tendangan Alexandro Bakhito, namun dapat ditepis kiper Filipina Inigo Castro.

Memasuki babak kedua, Timor Leste mengambil inisiatif untuk menyamakan kedudukan. Akan tetapi, Filipina yang justru memperlebar keunggulan melalui gol kedua Abang pada menit ke-60 setelah memanfaatkan kesalahan lini belakang Timor Leste.

Timor Leste memiliki beberapa peluang untuk memperkecil ketertinggalan melalui tendangan bebas Ricardo Bianco dan tendangan Ario Ximenes, namun keduanya gagal membobol gawang Filipina. Filipina mempertahankan dominasinya hingga peluit panjang berbunyi, memastikan kemenangan 2-0.

Pada pertandingan selanjutnya di Grup A, Filipina akan menghadapi Kamboja pada Selasa (23/7/2023) pukul 19.30 WIB, sedangkan Timor Leste akan ditantang tuan rumah Indonesia pada hari yang sama pukul 15.00 WIB.

Leave a Reply