“Kepada KPK, Joice Triatman Beri Bukti Aliran Uang Kementan ke Nasdem”

KPK Digempur Bukti, Joice Beber Aliran Dana Kemtan ke Nasdem

Aliran Dana Rp850 Juta ke Partai Nasdem, Staf Khusus SYL Jadi Saksi

Jakarta – Dalam sidang lanjutan kasus dugaan gratifikasi dan pemerasan dengan terdakwa mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Staf Khusus Menteri Pertanian era SYL, Joice Triatman, dihadirkan sebagai saksi. Joice mengungkapkan aliran dana sebesar Rp850 juta ke Partai Nasdem untuk sebuah acara.

“Saya mendapatkan perintah dari Pak Menteri untuk berkoordinasi dengan Pak Sekjen, Pak Kasdi,” kata Joice ketika ditanyai Hakim Ketua Rianto Adam Pontoh di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (27/5/2024).

Acara tersebut adalah penyerahan formulir bakal calon legislatif (bacaleg) DPR RI ke Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU). Joice menjelaskan, anggaran awal untuk acara yang digelar di Nasdem Tower tersebut sekitar lebih dari Rp1 miliar.

Joice kemudian melakukan koordinasi dengan mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono. Kasdi menilai jumlah anggaran tersebut terlalu besar dan tidak menyanggupi nominal tersebut.

“Terus saya teruskan ke Pak Kasdi. Pak Kasdi bicara ‘terlalu tinggi’ pada saat itu, tidak menyanggupi nominal itu,” ungkap Joice.

Setelah itu, anggaran untuk acara Partai Nasdem tersebut disepakati turun menjadi Rp850 juta.

“Sampai disepakati Rp850 juta,” ucap Joice.

Penggunaan dana tersebut untuk acara partai masih didalami dalam persidangan. Joice tidak merinci lebih lanjut terkait dengan penggunaan dana tersebut.

Sidang lanjutan kasus ini akan kembali digelar pada waktu yang akan ditentukan kemudian. Terdakwa SYL didakwa menerima gratifikasi sejumlah Rp9 miliar dan pemerasan yang merugikan perusahaan perkebunan sawit sebesar Rp54 miliar.

Leave a Reply