Indeks  

Bulukumba Jadi Lokus Studi Tiru PKK Kolaka Utara

Bulukumba,—-(suaraharapan.id)

Tim Penggerak PKK Kabupaten Bulukumba kembali menerima tamu. Kali ini PKK Bulukumba kunjungan studi Tim Penggerak PKK Kabupaten Kolaka Utara yang dipimpin langsung Ibu Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kolaka Utara, Sabtu 16 Desember 2023. Dalam penerimaan kunjungan tersebut disambut oleh Pengurus TP PKK Kabupaten Bulukumba.

Sekretaris PKK Kabupaten Bulukumba Hj Andi Hamrina A. Muri, yang mewakili Ketua TP PKK Kabupaten Bulukumba dalam sambutan penerimaannya menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih telah memilih Kabupaten Bulukumba sebagai lokus studi tiru.

Hamrina memaparkan sekilas gambaran umum profil Kabupaten Bulukumba yang antara lain luas, wilayah, panjang pantai dan secara administrasi terdiri atas 10 (sepuluh) kecamatan, 109 Desa dan 27 Kelurahan.

“Dengan demikian secara keseluruhan terdapat 136 Ketua TP PKK Kecamatan, Desa/Kelurahan,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan kurang lebih 6 bulan TP PKK yang dinahkodai Ketua TP PKK dan juga sebagai Ketua Dekranasda Andi Herfida Muchtar telah menorehkan beberapa prestasi, diantaranya, pemenang pertama lomba menu serba ikan dan mewakili PKK Provinsi di Tingkat Nasional, juara satu pada ajang festival Pangan Beragam Berimbang Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Provinsi dan terbaik kedua pada festival /lomba olahan pisang.

“Di tingkat nasional juara vlog dalam rangka peringatan hari kesatuan gerak PKK tahun 2023,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam sambutan Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kolaka Utara Nina Harini Yuniarti Sukanto, mengucapkan terima kasih atas penerimaan PKK Bulukumba.

“Saya sebagai pj Ketua TP PKK Kabupaten Kolaka Utara bersama pengurus ingin belajar dan meniru kerja nyata TP PKK Kabupaten Bulukumba,” bebernya.

“Kunjungan studi tiru ini didukung penuh oleh Bapak Bupati Kolaka Utara selaku Ketua Pembina TP PKK karena berita yang kami baca dan dengan bahwa Kabupaten Bulukumba sebagai peringkat kedua tingkat nasional. Insya Allah dengan studi tiru PKK Kolaka Utara lebih inovatif lagi dan beradaptasi dengan dinamika perubahan demi kebaikan masyarakat,” tambahnya.

Pada momentum tersebut TP PKK Kabupaten Kolaka Utara dan TP PKK Kabupaten Bulukumba bertukar cindramata. Bulukumba menyerahkan miniatur Pinisi sementara Kolaka Utara menyerahkan kain tenun khas di daerahnya.

TP PKK Kabupaten Kolaka Utara berkunjung melihat langsung Kantor PKK Kabupaten Bulukumba, struktur kepengurusan, administrasi dan program kerja Sekretaris, Pokja 1, Pokja 2, Pokja 3 dan Pokja 4.

Silaturahim dan keakraban makin terlihat pada momentum diskusi dan tanya jawab sekaligus jamuan makan di rumah jabatan Bupati Bulukumba.

Selain itu, rombongan juga melakukan kunjungan ke Rumah Gizi Kelurahan Ela-Ela Kecamatan Ujung Bulu untuk melihat dukungan PKK dalam pemanfaatan lahan pekarangan menanam cabe dan tanaman sayuran maupun tanaman obat-obatan dan kolam ikan.

Di rumah gizi tersebut dilakukan dialog dengan orang tua anak stunting yang mendapatkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan juga melihat beberapa data termasuk Bumil KEK yang mendapatkan PMT susu dengan sumber anggaran dari BAZNAS Kabupaten Bulukumba.

Dari Rumah Gizi Tim PKK Kolaka Utara mengunjungi Rumah DILAN yang telah ditetapkan oleh PKK Kelurahan Ela-Ela. Kunjungan ke Rumah Gizi dan Rumah Dilan didampingi oleh Sekretaris PKK Kabupaten bersama Pokja IV DR. Asnarti Said Culla, dan pengurus PKK Kabupaten Bulukumba dan diterima oleh Lurah Ela-Ela, Kepala Lingkungan Ela-Ela, pengurus/kader Rumah Gizi dan pengurus Rumah Dilan.(*/sh)

banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *